Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech Masuk Daftar Penggunaan Darurat WHO

WHO Menyebut Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Luar Inggris

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Kamis (31/12) memasukkan vaksin virus corona Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech ke dalam daftar penggunaan darurat. Menurut pernyataan WHO, upaya ini untuk mempercepat pemberian izin tersebut di negara miskin dan berkembang.

WHO menyebutkan akan bekerja sama dengan mitra regional untuk segera menginformasikan hal tersebut kepada otoritas kesehatan nasional juga terkait manfaat dari suntikan dua dosis vaksin tersebut.

Daftar penggunaan darurat WHO ini bertujuan untuk membantu negara-negara miskin, yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan serangkaian pengujian terhadap obat-obatan atau vaksin baru seperti Covid-19. Dengan demikian, otoritas kesehatan bisa langsung menerbitkan izin penggunaan darurat tanpa penundaan.

 

“Ini adalah langkah yang sangat positif untuk memastikan akses global terhadap vaksin Covid-19. Tetapi masih diperlukan upaya global yang lebih besar untuk menyediakan pasokan vaksin yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya, ” kata asisten direktur jenderal WHO untuk akses terhadap obat dan produk kesehatan,  Dr. Mariangela Simao, seperti dikutip Reuters.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *