Virus Corona Baru Dilaporkan Terdeteksi di Negara-negara Ini

 Setelah pertama kali terdeteksi di Inggris pada November lalu, kemunculan virus Corona varian baru kini mulai menghantui sejumlah negara di dunia.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat itu mengatakan bahwa varian baru virus Corona ini 70 persen lebih menular dan dapat dengan cepat menyebar di negara tersebut.

Baca juga: Ini Sederet Fakta Virus Corona Varian Baru Inggris

Dampak dari keresahan munculnya varian baru virus Corona tersebut membuat sejumlah negara menutup akses penerbangan dari dan menuju Inggris, termasuk Indonesia, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru tersebut.

Meski begitu, saat ini sejumlah negara telah melaporkan kasus infeksi virus Corona baru yang ditemukan dari Inggris tersebut, di antaranya sebagai berikut. 

Daftar Negara yang Dilaporkan Terdeteksi Varian Baru Virus Corona

1. Swiss

Negara ini telah mendokumentasikan lima kasus varian baru virus yang berasal dari Inggris dan dua kasus mutasi virus dari Afrika Selatan.

2. Denmark

Denmark juga melaporkan 33 infeksi dengan varian virus corona baru asal Inggris. Hal itu disampaikan pejabat setempat pada 24 Desember lalu. 

3. Perancis

Perancis adalah negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di Uni Eropa. Varian baru virus corona yang menyebar di Inggris tercatat terdeteksi pada seorang warga Perancis yang baru kembali dari London.

4. India

Ada enam kasus varian baru virus corona dalam penerbangan dari Inggris dan kemungkinan India akan memperpanjang larangan penerbangan untuk mengantisipasi penyebarannya, kata pejabat setempat pada Selasa (29/12/2020). 

Baca juga: Ini Jadwal Tiba Vaksin Covid-19 di RI & Waktu Vaksinasinya

5. Jepang

Pada Senin (28/12/2020), pejabat setempat melaporkan kasus varian baru virus corona yang ditemukan di Afrika Selatan ditemukan di Jepang. Penemuan serupa pertama di Jepang ini telah mengidentifikasi lebih dari selusin kasus virus corona baru yang menyebar di Inggris.

6. Korea Selatan

Varian baru virus yang ditemukan di Inggris telah menginfeksi tiga orang yang memasuki Korea Selatan dari London pada 22 Desember lalu. Dampaknya, vaksinasi akan segera dipercepat di negara ini.

7. Norwegia

Varian virus corona yang beredar di Inggris juga telah memasuki Norwegia, yang terdeteksi pada dua orang yang baru tiba dari Inggris pada awal Desember. 

8. Australia

Ada dua pelancong asal Inggris yang dilaporkan membawa varian baru virus corona ke benua Kangguru.

Baca juga: Daftar Lengkap Ponsel yang Tak Bisa Akses WhatsApp di 2021

9. Jordan

Dua kasus pertama di Jordan dilaporkan merupakan varian baru virus SARS-CoV-2 dari Inggris. Pekan lalu, kerajaan Jordan telah melarang penerbangan dari dan ke Inggris hingga 3 Januari mendatang.

10. Jerman

Varian baru virus penyebab Covid-19 juga dilaporkan telah memasuki Jerman. Ditemukan pada penumpang yang terbang ke Frankfurt dari London pada 20 Desember lalu. Diduga varian baru virus tersebut telah ada di Jerman sejak November.

11. Italia

Pasien yang terdeteksi membawa varian baru virus corona asal Inggris juga dilaporkan Kementerian Kesehatan Italia pada 20 Desember lalu. 

12. Portugal

Portugal juga menjadi negara kesekian yang melaporkan kasus varian baru virus corona asal Inggris. Virus tersebut terdeteksi di pulau Madeira.

13. Finlandia

Selain varian virus dari Inggris yang terdeteksi pada dua orang, Finlandia juga melaporkan adanya varian lain dari Afrika Selatan yang terdeteksi pada satu orang lainnya.

14. Swedia

Seorang pelancong dari Inggris diketahui membawa infeksi virus corona jenis baru ke Swedia. 

Baca juga: Cara Bikin Best Nine Instagram 2020, Gampang Banget!

15. Kanada

Virus corona SARS-CoV-2 jenis baru yang menyebar di Inggris juga dikonfirmasi telah menyebar di Kanada. Dua kasus dilaporkan muncul di provinsi Ontario.

16. Irlandia

Tepat di Hari Natal, Irlandia mengkonfirmasi adanya virus corona Inggris. Saat ini, pengujian lebih lanjut tengah dilakukan untuk menentukan seberapa jauh penyebarannya.

17. Lebanon

Kasus Covid-19 pertama dengan varian baru virus corona di Lebanon tercatat berasal dari penumpang dalam penerbangan dari London. 

18. Uni Emirat Arab (UEA)

Menurut pejabat setempat pada Selasa, negara ini menemukan “jumlah terbatas” kasus orang yang terinfeksi dengan varian baru. Dia mengatakan mereka yang terkena dampak perjalanan dari luar negeri, tanpa menyebutkan dari mana atau jumlah kasusnya.

19. Singapura

Negara di Asia Tenggara ini mengonfirmasi kasus pertama dari varian yang ditemukan di Inggris. Pasien yang tiba dari Inggris pada 6 Desember lalu, sementara 11 orang lainnya sudah berada di karantina telah memberikan hasil positif awal untuk strain baru tersebut.

20. Israel

Israel mendeteksi empat kasus virus corona baru dari Inggris. Tiga kasus tersebut merupakan pengungsi yang kembali dari Inggris. 

Baca juga: Aktivitas Kalian di Internet Ini Bikin Google Makin Kaya

21. Hong Kong

Departemen Kesehatan pada pekan lalu mengatakan bahwa varian yang menyebar di Inggris tampaknya telah menginfeksi dua siswa yang kembali ke Hong Kong dari Inggris.

22. Pakistan

Pejabat kesehatan negara ini melaporkan pada Selasa, bahwa varian yang ditemukan di Inggris telah terdeteksi di provinsi selatan Sindh, Pakistan.

23. Nigeria

Varian lain dari virus corona baru mungkin telah muncul di Nigeria, kata kepala badan pengontrol penyakit Afrika. Pejabat setempat telah memperingatkan bahwa diperlukan penyelidikan lebih lanjut. 

Lebih lanjut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyampaikan bahwa tidak ada informasi yang cukup untuk menentukan apakah varian baru dari virus yang telah menyebabkan pandemi global sejak akhir tahun lalu itu, dapat merusak vaksin yang saat ini dikembangkan. 

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *