Bayar Listrik Kini Bisa Pakai Aplikasi New PLN Mobile

Foto: GERBANG Kaltim

Ini Fitur-Fitur yang Tersedia Di Aplikasi New PLN Mobile

Belum lama ini PT PLN (Persero) telah meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Dengan hadirnya New PLN Mobile pelanggan tak perlu lagi repot keluar rumah untuk urusan bayar tagihan listrik dan lainnya.

Aplikasi New PLN Mobile dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam pembelian token, bayar tagihan listrik, notifikasi jadwal pembayaran tagihan listrik, histori pemakaian, hingga histori pembelian token.

Selain itu juga, New PLN Mobile merupakan aplikasi one stop service untuk semua kebutuhan pelanggan di sektor kelistrikan.

[Baca Juga: Layanan Pengaduan PLN Online Gratis 24 Jam

“New PLN Mobile diwujudkan untuk menjawab tantangan ini sebagai solusi yang terintegrasi. Membuat semua urusan pelanggan menjadi mudah, seperti membayar tagihan, membeli token, dan mengontrol pemakaiannya,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini, mengutip dari cnnindonesia.com.

Zulkifli melanjutkan aplikasi ini juga memiliki fitur notifikasi lengkap, seperti pemadaman, keluhan laporan, hingga notifikasi tindak lanjut pengaduan.Pengajuan untuk tambah daya pun makin mudah, begitu pula layanan Baca Meter Mandiri.

Bahkan, melalui aplikasi New PLN Mobile, notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan pun bisa diketahui oleh pelanggan terlebih dahulu.

“Diharapkan dengan hadirnya New PLN Mobile, bisa memberi pengalaman baru kepada pelanggan, pengalaman yang memudahkan urusan kelistrikan menjadi semakin praktis dan efisien,” tuturnya.

Aplikasi New PLN Mobile sudah tersedia secara gratis di Play Store dan App Store. Secara rinci berikut adalah fitur-fiturnya; 

#1 Bisa Bayar Token dan Tagihan Listrik

Tersedia pilihan jenis pembayaran mulai dari 4 jenis bank seperti Mandiri, BRI, BNI dan BCA, bisa juga melalui fintech seperti LinkAja, Gopay dan OVO.

Bagi pelanggan kartu kredit, tersedia untuk pelanggan Visa dan MasterCard. 

#2 Fitur Untuk Notifikasi Tagihan 

#3 Bisa Cata Meter Mandiri

Setiap tanggal 24-27 pelanggan bisa mencatat meter sendiri, nantinya setiap tanggal 1 akan muncul tagihan di menu pembayaran tagihan untuk kemudian bisa langsung dibayarkan.

“Dulu kita harus mengerahkan petugas kita datang ke lokasi masing-masing, saat ini pelanggan bisa melakukan itu secara mandiri gar punya kendali bagaimana memonitor secara masing-masing,” ujar Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengutip Detik.com, Senin (21/12) 

#4 Bisa Memonitor Pemakaian Paskabayar pada Bulan-bulan Sebelumnya 

#5 Bisa Ubah Daya 

#6 Bisa Memonitor Pembelian Token 

#7 Pengaduan

Selain lewat call center 123, saat ini pelanggan bisa melakukan pengaduan lewat aplikasi New PLN Mobile.Dengan begini diharapkan pengaduan yang masuk bisa dengan sigap direspons dan didatangi langsung oleh petugas dari lokasi terdekat karena data pelanggan sudah diketahui saat baru registrasi aplikasi ini.

“Bedanya dengan call center 123, begitu pelanggan memasang New PLN Mobile kita sudah tahu pelanggan tersebut ID-nya. Ini akan langsung terhubung ke aplikasinya tanpa adanya human intervention. Ini bisa mengurangi beban telepon pengaduan call center ke 123,” jelasnya. 

#8 Informasi Progres Penyelesaian Gangguan 

#9 Notifikasi Padam dan Pemeliharaan

Jika ada pemadaman atau pemeliharaan listrik, pelanggan akan mendapat notifikasi Lewat aplikasi ‘New PLN Mobile’.

Namun, khusus fitur ini baru bisa dinikmati oleh pelanggan di Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

Asal tahu saja, sebelumnya aplikasi New PLN Mobile sendiri telah diluncurkan terbatas untuk kalangan internal PLN pada Juni 2020. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *