Uji Klinis di Turki Menunjukkan Efektivitas Vaksin Sinovac 91,25%

HEALTH-CORONAVIRUS/BRAZIL-VACCINE

Turki melaporkan hasil uji klinis vaksin virus corona buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, yang bernama CoronaVac, memiliki efektivitas hingga 91, 25%. Hasil uji klinis vaksin ini di Turki jauh lebih baik dibandingkan uji klinis vaksin yang sama di Brasil.

Peneliti vaksin di Turki mengatakan bahwa pada uji klinis tahap akhir di sana, vaksin tersebut tidak menimbulkan efek samping berdasarkan data pengujian terhadap 1.322 orang. Kecuali satu orang yang mengalami reaksi alergi.

Namun secara umum para relawan yang mendapatkan suntikkan vaksin merasakan demam, nyeri ringan, dan letih. “Sekarang kami yakin bahwa vaksin ini efektif dan aman untuk digunakan kepada warga Turki, ” kata Menteri Kesehatan Fahrettin Koca, seperti dikutip Reuters, Jumat (25/12).

Turki merupakan salah satu negara yang telah membeli vaksin CoronaVac . Uji klinis di sana dimulai pada 14 September 2020, dengan melibatkan lebih dari 7.000 relawan. Uji klinis ini juga dilakukan terhadap 29 orang yang terkonfirmasi positif <a …

Selengkapnya : Uji Klinis di Turki Menunjukkan Efektivitas Vaksin Sinovac 91,25%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *