Mitsubishi Siap Produksi Mesin Xpander di Bekasi

Foto: ET Auto

Teknologi.id – Salah satu produsen otomotif ternama, Mitsubishi dikabarkan telah resmi memproduksi mesin Xpander di Bekasi, tepatnya di Kabupaten Bekasi, Cikarang.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh pengelola pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang ada di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/12). Mesin Xpander yang sudah resmi diproduksi adalah mesin 1.500 cc Xpander.

Sebelum diproduksi di Bekasi, di tahun 2018 Mitsubishi Motors Corporation pernah berencana untuk memproduksi mesinnya di pabrik Nissan Purwakarta, namun tidak terlaksana karena pabrik yang ada di kota tersebut ditutup. Selain itu, mesin 1.500 MIVEC, DOHC, 16 katup awalnya diimpor dari Jepang.

Akhirnya, mesin ini pun produksinya dipindahkan ke pabrik Mitsubishi yang ada di Bekasi yang juga memproduksi Xpander dan Nissan Livina.

Baca Juga: Volkswagen Hadirkan Head-Up AR di Segmen Mobil Compact

Shinji Matsumara, selaku Presiden Direktur MMKI berkata dengan diproduksinya mesin Mitsubishi Xpander, ia berharap dapat meningkatkan bisnis produksi dengan menaikkan daya saing dan fasilitas produksi juga dapat digunakan secara efektif.

Lebih lanjut, MMKI mengungkapkan bahwa diproduksinya mesin secara lokal dapat membuat rasio kandungan lokal Xpander naik sekitar 80 persen. Produksi mesinnya pun dapat menguntungkan pemasok-pemasok lokal yang ikut terlibat.

Mesin Xpander sendiri diproduksi di fasilitas tambahan di area pabrik Mitsubishi yang lokasinya berada di kawasan GIIC, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut sanggup memproduksi 160 ribu unit mesin per tahun.

Tahun lalu, pabrik tersebut diminta untuk menaikkan kapasitas produksinya dari 160 ribu unit per tahun menjadi 220 ribu unit per tahun. Sebagai tambahan, pabrik Mitsubishi yang terletak di Cikarang ini tidak hanya merakit Xpander dan Livina, tapi juga Mitsubishi L300 dan Pajero Sport.

Baca Juga: Apple Berencana Produksi Mobil “Self-Driving” pada 2024

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *