5 Fungsi Airplane Mode yang Perlu Kamu Ketahui!

Foto: TechRadar

Teknologi.id – Berbicara tentang fitur Airplane Mode, tentu bukan hal yang asing lagi. Airplane Mode atau Mode Pesawat ini disediakan bagi pengguna ponsel pintar yang ingin tetap menggunakannya tanpa takut mengganggu sistem komunikasi pesawat di udara.

Namun selain untuk keselamatan, tahukah kamu bahwa Airplane Mode memiliki fungsi lain yang sebenarnya juga bisa kita gunakan saat kita di darat (tidak sedang terbang).

Lantas, apa saja fungsi lain Airplane Mode atau Mode Pesawat yang bisa kamu gunakan di darat? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghemat baterai

Saat kita tahu sisa baterai kita sedikit namun kita harus menggunakan ponsel kita nanti, maka Airplane Mode dapat digunakan untuk membantu menghemat baterai. Proses background di sistem ponsel pintar atau tablet akan berhenti.

2. Mempercepat isi ulang baterai

Tak banyak yang tahu jika Airplane Mode juga bisa membantu proses pengisian ulang daya baterai. Jika kamu dalam keadaan terburu-buru ingin baterai ponsel segera terisi, maka kamu bisa mengaktifkan Airplane Mode sambil menghubungkan kabel dayanya.

Saat Airplane Mode aktif, semua koneksi seperti Seluler, Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan lokasi akan dimatikan. Sehingga daya baterai tidak disedot untuk melakukan banyak aktivitas selain isi ulang, dengan begitu baterai akan cepat terisi.

3. Menghindari gangguan

Ponsel pintar terkadang menjadi salah satu pengganggu yang bisa mengalihkan perhatian saat kita sedang berkonsentrasi atau berkendara. Hal ini disebabkan bunyi atau getaran notifikasi dari pesan singkat atau aplikasi lain yang masuk.

Cara terbaik untuk menghindari gangguan bunyi notifikasi saat berkendara adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Dengan aktifnya Airplane Mode, notifikasi yang masuk akan tertunda dan masuk ketika Airplane Mode dimatikan.

4. Memperkuat sinyal

Merasa jaringan yang kamu dapatkan tidak terlalu bagus? Kamu bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode. Saat Airplane Mode aktif, ia akan memutus semua jaringan yang terhubung dengan ponsel pintar milikmu. Saat Airplane Mode kembali dimatikan, secara otomatis akan mencari jaringan baru.

5. Mempercepat berjalannya sistem Android

Salah satu penyebab lambatnya sistem Android ialah banyaknya data yang keluar maupun masuk di Android. Saat Airplane Mode aktif, semua arus data akan dimatikan sehingga membuat ponsel akan menjadi cepat kembali.

Itulah beberapa fungsi lain Airplane Mode yang bisa kamu coba. Jika kamu tahu lebih banyak tentang fungsi lain mode atau kamu punya pengalaman menarik menggunakan Airplane Mode, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar.

Baca juga: Hp Tidak Bisa Scan Barcode Otomatis? Ini Solusinya

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *