Budi Gunadi, Bankir Pembeli Saham Freeport yang Jadi Menteri Kesehatan

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin

Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunadi Sadikin untuk menggantikan posisi Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Selain rekan jejak yang panjang sebagai bankir, Budi sempat membuat kebijakan mengesankan Jokowi ketika membeli saham divestasi PT Freeport Indonesia tahun 2018 silam.

Saat ini, Budi menjabat Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sejak Juli lalu, dia juga memangku jabatan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sebelum menjadi birokrat, Budi adalah seorang bankir profesional. Ketika diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN bersama Kartika Wirjoatmodjo pada Oktober 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, reputasi Budi sebagai bankir diharapkan dapat memperbaiki kinerja BUMN.

“Jadi ada dua wakil menteri di BUMN dan keduanya berasal dari Bank Mandiri,  banker. Saya harapkan ada lompatan besar baik dalam evaluasi aset-aset yang ada, untuk mencari partner-partner yang baik sehingga BUMN kita benar-benar jadi perusahaan yang punya reputasi yang baik di dunia, ” kata Jokowi pada Oktober 2019 lalu.

Sebelum masuk kabinet, pada tahun …

Selengkapnya : Budi Gunadi, Bankir Pembeli Saham Freeport yang Jadi Menteri Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *