Akibat Covid, Jutaan Orang Berjuang Bayar Tagihan Internet

 Tak bisa disangkal, pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian di seluruh dunia, termasuk keuangan di rumah tangga.

Salah satu pengeluaran rumah tangga yang melonjak adalah pengeluaran untuk kebutuhan pemakaian internet, yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan lewat rumah selama masa lockdown berlangsung.

Tak hanya di Indonesia, permasalahan ini rupanya juga melanda seluruh penduduk dunia, termasuk negara-negara maju seperti negara-negara di Benua Eropa.

Baca juga: Trenggalek Dinobatkan Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

Salah satunya adalah permasalahan mengenai banyaknya pemutusan internet yang dihadapi oleh penegak hukum di Inggris Raya, Ofcom.

Menurut Ofcom, pihaknya sudah meminta industri telekomunikasi di sana untuk memberikan lebih banyak bantuan, khususnya tarif yang lebih terjangkau untuk orang-orang berpenghasilan rendah.

Sebelumnya, para penyedia jasa internet sudah diminta untuk mempertimbangkan kembali kebijakan pemutusan saluran internet ketika ada tunggakan yang belum dibayar, untuk meringankan beban para pelanggan dalam upayanya membayar tagihan internet.

Lindsey Fussell, direktur grup jaringan dan komunikasi Ofcom mengatakan bahwa kebijakan lockdown di negara tersebut juga telah menjelaskan betapa bergantungnya orang pada koneksi internet untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Baca juga: Segini Patokan Harga Rapid Tes Antigen Swab di Pulau Jawa

“Perusahaan perlu menambahkan pilihan yang lebih terjangkau, agar semua orang dapat tetap terhubung [dengan internet], terutama mereka yang mengalami masa sulit,” katanya.

“Penyedia jasa internet dapat berbuat lebih banyak untuk mendukung pelanggan yang mengalami kesulitan keuangan.” tambah Fussell.

Di Inggris sendiri, proporsi pelanggan yang diputus jaringan internetnya karena tidak bisa membayar biaya internet selama periode lockdown dimulai mengalami peningkatan antara bulan Juni dan September, daripada sebelum pandemi.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *