Amazon Rilis Audio dan Video Call Grup di Echo, Saingi Zoom?

 Amazon meluncurkan fitur panggilan video dan audio grup baru untuk perangkat Echo pada hari ini (18/12). Saat ini, panggilan grup tersebut akan memungkinkan tujuh peserta (maksimal) untuk bergabung dengan perangkat Echo yang didukung seperti Echo, Echo Dot, dan Echo Show.

Pemilik Echo akan dapat membuat dan memberi nama grup menggunakan aplikasi Alexa, dan Amazon juga berencana untuk segera mendukung panggilan grup melalui aplikasi Alexa. Pengguna akan dapat menambahkan kontak ke dalam grup, beserta daftar teman dan keluarga. Daftar tersebut dibuat agar memudahkan pengguna untuk membuat panggilan grup, baik berupa audio maupun video. Fitur baru ini juga mendukung perintah Alexa seperti “Alexa, hubungi keluarga saya” untuk terhubung ke grup keluarga yang telah dibuat oleh pengguna.

Baca Juga: Amankah Masker Bedah Dipakai Berulang?

Panggilan grup Echo bisa menjadi alternatif yang baik selain Zoom dan layanan panggilan video lainnya. Untuk saat ini, belum ditetapkan oleh pihak Amazon mengenai batasan waktu panggilan. Sehingga, ini dapat menguntungkan pemilik perangkat Echo, karena mereka bisa membuat atau menerima panggilan suara dan video dengan bebas.

Melihat masifnya permintaan teleconference ini membuat Zoom menghapus batas rapat 40 menitnya untuk beberapa hari libur yang akan datang. Beberapa saingan lain seperti Microsoft Teams juga telah membuat panggilan video sepanjang hari gratis tanpa batasan melalui web. Selain itu, ada pula Google Meet yang menawarkan panggilan Meet tak terbatas hingga Maret 2021.

Amazon sendiri telah meluncurkan fitur panggilan grupnya mulai hari ini (18/12) di Austria, Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, India, Irlandia, Italia, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, AS, dan Inggris.

Baca Juga: 2025, Indonesia Diprediksi akan Dibanjiri Kendaraan Listrik

Diketahui bahwa Echo adalah merek speaker pintar yang dikembangkan oleh Amazon. Perangkat Echo terhubung ke layanan asisten pribadi cerdas Alexa yang dikontrol oleh suara, dan akan merespons saat pengguna mengucapkan “Alexa”.  Fitur dari perangkat tersebut antara lain: interaksi suara, pemutaran musik, membuat daftar tugas, mengatur alarm, streaming podcast, dan memutar buku audio, selain menyediakan informasi cuaca, lalu lintas, dan waktu nyata lainnya. Echo juga dapat mengontrol beberapa perangkat pintar dan bertindak sebagai hub otomatisasi rumah.

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *