Volkswagen Kembangkan DC Wallbox, Cas Mobil Listrik di Rumah

Teknologi kendaraan listrik memang tengah berbondong-bondong dikembangkan demi mewujudkan kendaraan yang ramah lingkungan, bebas polusi, dan efisien. Namun, masih dialami beberapa kendala dan keraguan di masyarakat soal pengisian daya kendaraan listrik tersebut, khususnya mobil listrik.

Masyarakat mungkin mengkhawatirkan soal stasiun pengisian daya yang jauh, sehingga tidak efektif untuk melakukan pengisian daya. Menjawab kekhawatiran tersebut, Volkswagen melahirkan sebuah ide inovasi agar mobil listrik bisa dicas di rumah.

Baca Juga: Toyota Ingin Baterai Mobil Listrik Dicas Full dalam 10 Menit 

Sebetulnya, stasiun pengisian mandiri di rumah untuk mobil listrik sudah ada. Namun, masih terkendala dengan berbagai macam hal; seperti besaran dan jenis arus listrik. Volskwagen hadir untuk menjembatani kondisi ini dengan menghadirkan DC Wallbox.

Dikutip kanal otomotif Suara.com, car-maker asal Jerman ini tengah menggarap inovasi untuk mobilitas listrik bertajuk DC Wallbox, yaitu sebuah perangkat pengisi daya baterai untuk produk terelektrifikasi yang bisa ditempelkan di tembok rumah. Untuk uji cobanya sendiri masih dilakukan di lingkungan pabrik Wolfsburg, Jerman

Harapannya, Volkswagen bisa memasang kotak DC Wallbox di beberapa lokasi sebagai model atau contoh sebelum kelak diproduksi secara massal.

Adapun kapasitas DC Wallbox ini mampu mengisi mobil listrik dengan arus searah (DC) hingga 22 kW. Angka ini juga setara dengan kurang lebih 2x lipat kecepatan Wallbox biasa yang bekerja dengan arus bolak-balik (AC).

“Struktur pengisian daya yang ekstensif dan berdasarkan kebutuhan adalah kunci keberhasilan kendaraan listrik. Itulah sebabnya kami mengerjakan berbagai pendekatan yang memungkinkan pengisian daya yang berorientasi pelanggan, cerdas, dan fleksibel,” papar Mark Möller selaku Kepala Divisi Pengembangan Teknis & Mobilitas Listrik Volkswagen dalam pernyataan resmi perusahaan, dikutip dari Suara.

“Seperti stasiun pengisian cepat fleksibel kami dan prototipe visioner dari robot pengisian daya seluler, DC Wallbox adalah salah satu inovasi masa depan dari rangkaian pengisian daya tipe DC untuk kendaraan listrik,” pungkasnya.

Dilansir dari keterangan lebih lanjutnya. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Dalam teknologi pengisian berbasis arus searah, listrik mengalir langsung ke baterai traksi timbal, dengan catatan mobil listrik dilengkapi port pengisian gabungan sistem pengisian (CCS).

  • Kendaraan listrik diisi secara independen dari pengisi daya terintegrasi yang membatasi kapasitas pengisian.
  • Cara traksi timbal dengan arus searah meningkatkan kapasitas pengisian potensial jika dibandingkan dengan arus bolak-balik. Proses pengisian daya dapat dipersingkat secara signifikan.
  • DC Wallbox sudah disiapkan untuk pengisian dua arah, sehingga kelak daya dapat mengalir dalam dua arah di kotak dinding. Daya yang disimpan dalam baterai kendaraan traksi utama dapat dikembalikan ke jaringan, jika perlukan.
  • Kendaraan listrik kelak bisa berfungsi menjadi unit penyimpan daya untuk rumah pribadi atau sebagai penyangga jaringan listrik.

Baca Juga: Begini Interior Bus ‘Anticorona’ yang Bak Kabin Pesawat

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *