Bitcoin Pecah Rekor Baru Sepanjang Masa Rp320 Juta

Foto: CoinMarketCap

Harga Bitcoin hari ini baru saja memecah rekor baru sepanjang masa. Tercatat dalam 24 jam Bitcoin mengalami kenaikan 14%. Sekarang ini harga Bitcoin berada di kisaran Rp 320.000.000 atau sebesar US $23.000 (data diambil 17/12/2020).

Sentimen Market yang Positif

Di tahun 2020 sentimen publik terhadap Bitcoin sangat positif. Terutama jika melihat dari minat perusahaan institusional, 2020 sepertinya merupakan tahun besar untuk Bitcoin. Nama besar seperti Paul Tudor Jones, Stanley Druckenmiller, Grayscale, PayPal, Square, MassMutual, MicroStrategy dan merupakan beberapa nama yang memasukan Bitcoin ke dalam saham mereka.

Baru-baru ini pun Ruffer Invesment Management mengumumkan bahwa mereka memindahkan 2,5% portfolio milik mereka ke dalam Bitcoin. Danny Scott, CEO dari CoinCorner mengutarakan bahwa sentimen positif ini berbeda dengan tahun 2017. Di mana harga Bitcoin mencapai nilai tertinggi sepanjang masa dikarenakan minat dari perusahaan ritel.

“Dibandingkan dengan 2017 di mana permintaan datang dari pasar ritel, permintaan saat ini datang dari level institusi yang sepenuhnya tidak terdeteksi oleh banyak orang. Hal ini tampaknya akan berlanjut hingga 2021,” ujar Scott.

Perbedaan dengan Rekor 2017

Selain sentimen yang cukup berbeda, rekor yang tercipta tahun 2020 ini memiliki beberapa perbedaan dari 2017, yaitu:

Bitcoin sebagai Aset Pelindung Nilai

Tahun 2020 dapat dibilang menjadi tahun di mana investor harus berpikir ulang di mana mereka menaruh asetnya. Hal ini yang akhirnya menyebabkan sentimen yang positif bagi Bitcoin, karena banyak investor melirik Bitcoin sebagai pelindung nilai di saat resesi Dunia dan bisa menjadi tempat aman bagi portfolio mereka.

Pertumbuhan Wallet Address yang Stabil

Berbeda dengan tahun 2017, pertumbuhan wallet address di 2020 sangat stabil. Selain itu pada bulan November tercatat 19,6 juta wallet address terlihat aktif melakukan transaksi baik mengirim atau menerima. Data dari Glassnode juga mengatakan jumlah wallet address tersebut setidaknya memiliki 0,1 BTC. 

Sumber: Glassnode

Jika kamu ingin mencoba investasi Bitcoin dan aset digital lalinnya, download aplikasi Pintu dan investasi mulai dari Rp22,000! Yuk download sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *