Google Akan Hadirkan Dark Mode untuk Pencarian Versi Desktop

Dark mode (mode gelap) telah menjadi fitur yang lazim ditemukan pada perangkat seluler masa kini. Tidak seperti perangkat seluler, dark mode belum menjadi fitur yang banyak diusung oleh perangkat berlayar lebar. 

Baca Juga: Pelopor Game Windows, Engstrom Meninggal Pada Usia 55 tahun

Ada kabar gembira untuk para penyuka aktivitas di depan layar dengan tampilan mode gelap. Setelah sebelumnya merilis dark mode untuk Google Search versi mobile, baru-baru ini Google dikabarkan sedang menguji fitur serupa untuk Google Search versi desktop

Dilansir dari 9to5Google, Senin (14/12), tampilan latar belakang putih yang biasa kita lihat pada laman pencarian Google Search di desktop akan berganti menjadi rona abu gelap yang menyerupai tampilan dark mode pada versi mobile-nya. Logo Google yang terdiri dari banyak warna tergantikan oleh tulisan Google berwarna putih. 

Foto: 9to5Google

Ikon mikrofon pada tampilan tersebut tidak berubah, sedangkan outline abu pada kolom pencarian menjadi terbalik. Ikon warna-warni yang mewakili filter pencarian yang berbeda-beda (All, Images, News, dan lain-lain) hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu biru, dilengkapi dengan warna aksen pada tab yang sama. 

Teks hitam yang terdapat pada hasil pencarian digantikan dengan warna abu, sedangkan warna biru dibuat menonjol untuk nama halaman/link.

Tampilan serba abu dan hitam ini hanya terdapat pada laman hasil pencarian. Selain itu, tidak terdapat pengaturan untuk menonaktifkan halaman dark mode ini, menandakan jika laman tersebut masih dalam tahap pengujian.

Beberapa pengguna melaporkan jika mereka melihat tampilan dark mode pada Google Search pada halaman pencarian mereka. Seorang pengguna Reddit melaporkan jika tampilan tersebut muncul dengan sendirinya, tetapi beberapa saat kemudian hilang. Dark mode yang muncul tersebut pun tidak dilengkapi dengan tombol untuk menonaktifkan. 

Bagi sebagian orang, fitur dark mode dalam suatu aplikasi menjadi hal yang sangat menyenangkan. Latar gelap dapat membuat mata menjadi tidak terlalu tegang. Selain itu, latar gelap lebih memberikan kenyamanan untuk penglihatan jika aplikasi sedang digunakan di dalam ruangan dengan pencahayaan redup atau saat malam hari. 

Baca Juga: Kementerian Keuangan AS Diretas oleh Hacker Asal Rusia

Fitur dark mode untuk Google Search versi desktop ini masih dalam tahap pengujian dan penyempurnaan oleh Google. Hingga kini, belum ada kabar lebih lanjut mengenai kapan persisnya fitur ini akan digulirkan ke khalayak ramai.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *