Begini Cara Menghapus Data Kamu dari Twitter!

 Twitter mengikuti jejak Facebook dan jejaring sosial populer lainnya dalam hal pengumpulan data. Twitter mengumpulkan informasi penggunanya untuk menampilkan posting berdasarkan preferensi mereka dan untuk memunculkan iklan bertarget.

Kamu dapat dengan mudah mendapatkan semua potongan informasi yang telah dikumpulkan Twitter tentang aktivitas kamu. Caranya bisa kamu liat seperti dibawah ini:

  • Klik tombol “Selengkapnya” di sisi kiri di beranda Twitter dan pilih “Pengaturan dan privasi”
  • Pilih opsi yang bertuliskan “Unduh arsip data Anda” di bawah bagian “Akun Anda”.
  • Konfirmasikan kata sandi kamu jika diperlukan, lalu klik tombol “Minta arsip” di bawah “Data Twitter”

Hasilnya dapat kamu terima ke alamat email yang kamu gunakan saat membuat akun Twitter tersebut.

Baca juga : iPhone 13 Tidak Dibekali Kabel Charger, Beneran?

Kamu juga bisa menghapus akun agar semua data terhapus dari Twitter. Tetapi hal tersebut tidak terjamin, sehingga lebih baik melihat apa saja aktivitas kamu yang dikumpulkan oleh Twitter.

Untuk mengurangi data yang dikumpulkan oleh Twitter, kamu bisa menyesuaikan pengaturan privasi akun. Pertama buka “Pengaturan dan privasi” kemudian pilih “Privasi dan keamanan”. Bagian ini bernama “Berbagi data dan aktivitas di luar Twitter”, berisi empat entri berikut:

  • “Preferensi iklan”. Pengaturan ini mengambil informasi tentang minat dan gaya hidup kamu untuk mempersonalisasi iklan dari pengiklan yang berkerja sama dengan Twitter. Kamu dapat sepenuhnya menonaktifkan fitur ini atau membatalkan pilihan entri tertentu sehingga Twitter tidak memasang jenis iklan tertentu.
  • “Aktivitas di luar Twitter”. Twitter tidak hanya memantau aktivitas online kamu saat menggunakan layanannya, tetapi juga dapat mengintip hal-hal yang kamu lakukan di situs lain. Nonaktifkan fitur ini jika kamu tidak setuju dengan pemeriksaan ini.
  • “Berbagi data dengan mitra bisnis”. Menghapus centang pada setelan yang bertuliskan, “Izinkan berbagi informasi tambahan dengan mitra bisnis” akan membuat data berharga kamu tidak dapat dilihat oleh pihak lain.
  • “Informasi lokasi”. Pastikan kamu membuka bagian yang disebut “Lihat tempat yang pernah Anda kunjungi” dan hapus semua lokasi yang tercantum di sana. Untuk berhati-hati, pertimbangkan juga untuk menonaktifkan akses lokasi untuk aplikasi Twitter di ponsel kamu.

Baca juga : Cara Melihat Gerhana Matahari Total 14 Desember 2020 di RI

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *