Telepon Elon Musk, Jokowi Bahas Tesla dan SpaceX

Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menelepon CEO Tesla, yakni Elon Musk pada suatu kesempatan. Melihat perkembangan Tesla dan SpaceX, Jokowi secara langsung mengundang Elon Musk untuk berinvestasi di Indonesia. Ajakan tersebut beliau sampaikan melalui telepon pada Jum’at (11/12) kemarin. Saat melakukan telepon dengan Elon Musk, Jokowi tidak sendiri melainkan didampingi oleh Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dalam pembicaraannya melalui telepon, Jokowi bertukar pandangan dengan Elon Musk mengenai perkembangan industri mobil listrik dan baterai listrik. Selain itu, Jokowi berharap jika Indonesia mampu menarik perhatian Elon Musk untuk menjadi lokasi bantalan peluncuran (launching pad) SpaceX. Jokowi rupanya melirik bahwa ada potensi bagi Indonesia untuk terlibat dalam perkembangan teknologi tersebut.

Baca Juga: Elon Musk Enggan Divaksin COVID-19, Kenapa?

Dalam keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, undangan tersebut tampaknya ditanggapi oleh Elon Musk. Pihaknya sendiri bahkan mengonfirmasi jika akan mengirim timnya untuk datang ke Indonesia tahun depan. Rencananya, tim dari Elon Musk akan membahas kerja sama ini pada sekitaran bulan Januari 2021.

“Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX,” tulis keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dikutip dari CNN Indonesia, sebelumnya Plt Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia GL Kalake menyebut bahwa Tesla punya rencana berinvestasi di Indonesia.

Selain itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga menyebutkan jika ada rencana pabrik Tesla akan didirikan di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Undangan untuk Elon Musk agar segera berinvestasi di Indonesia ini juga terdengar saat Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke Amerika Serikat (AS) pada November lalu. Dalam kesempatan tersebut, Luhut mengajak Tesla untuk berinvestasi baterai lithium di Indonesia.

“Tesla saja datang ke China untuk membeli bahan untuk produksi baterai lithium di AS, sedangkan bahan baku baterai produksi yang dilahirkan di China itu mengambil dari Indonesia. Jadi saya bilang sama Tesla kenapa kalian tidak sama-sama investasi di kita,” ujar Luhut dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Elon Musk Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya ke-2 di Dunia

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *