Indonesia Bisa Tiru Taiwan Kendalikan Covid-19

PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 DI INDONESIA

Taiwan merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang berhasil mengendalikan penularan virus Corona. Berbekal pengalaman SARS pada 2003 lalu, negara itu menerapkan disiplin tinggi protokol kesehatan saat pertama kali Covid-19 merebak dari Tiongkok.

Belakangan, tatkala vaksin mulai didistribusikan, otoritas Taiwan tetap tidak mengendorkan protokol kesehatan warganya. Bahkan mewanti-wanti seluruh dunia agar tidak lengah terhadap virus itu. Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung bahwa data ilmiah tentang efek jangka panjang vaksin masih belum mencukupi.

“Selama periode vaksinasi pertama, orang harus tetap melanjutkan protokol kesehatan, ” katanya seperti dikutip BBC pada Sabtu, 12/12. Meski demikian, Menkes Chen sedang tidak mempertanyakan keamanan vaksin atau apakah vaksin tersebut memberi kekebalan, tetapi ia lebih menekankan bahwa tidak jelas sejauh mana dan berapa lama vaksin tersebut akan melindungi masyarakat.

Sejak awal pandemi, dunia berlomba-lomba  untuk mengembangkan vaksin. Perusahaan di Eropa, Amerika Serikat, dan Tiongkok telah membuat vaskin hingga dalam uji coba …

Selengkapnya : Indonesia Bisa Tiru Taiwan Kendalikan Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *