Transformasi Pelatihan Pabrik Pupuk Terbesar dan Terlengkap

Sumber: Petrokimia Gresik

PT Petrokimia Gresik (PKG) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen pupuk terbesar dan terlengkap di Indonesia.dengan total kapasitas produksi 8,9 ton per tahun. Beberapa tahun terakhir, PKG menghadapi masalah yang cukup serius terkait regenerasi SDM dan standarisasi pelatihan karyawan.

Masalah lainnya adalah kecepatan penguasaan kompetensi oleh karyawan yang membutuhkan waktu terlalu lama.  Masalah ini terjadi karena mesin-mesin di PKG beroperasi selama 24/7 dan tidak mungkin untuk dihentikan karena akan menimbulkan kerugian yang besar. Selama ini, satu-satunya cara untuk mempelajari tentang komponen dan cara pengoperasian mesin adalah melalui pembelajaran di dalam kelas menggunakan modul dan video. Cara pelatihan seperti ini membuat karyawan kurang siap untuk terjun langsung ke lapangan sehingga bisa berdampak pada penurunan performa dan keuntungan perusahaan.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, di awal tahun 2020, PKG bekerja sama dengan startup Machine Vision Indonesia dalam melakukan transformasi kegiatan pengembangan SDM di lingkungan PKG. Machine Vision Indonesia merancang model pembelajaran baru yang menitikberatkan pada pembelajaran berbasis praktik melalui pembuatan modul Petrokimia Digital Learning Experience yang terdiri dari Learning Management System (LMS), Augmented Reality (AR), 360 tour serta Virtual Reality (VR).

Petrokimia Digital Learning Experience ini tak hanya digunakan oleh karyawan internal, tetapi juga dioptimalkan untuk mengakomodir kegiatan praktik kerja industri (prakerin) siswa SMK dan mahasiswa selama pandemi COVID-19. Kehadiran Petrokimia Digital Learning Experience memperkuat posisi PKG sebagai perusahaan yang ditunjuk oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian Perindustrian sebagai pilot project penguatan pendidikan vokasi di bidang pertanian.

Selama 6 bulan implementasinya, Machine Vision Indonesia telah berhasil membuat standarisasi pelatihan imersif dari 19 model mesin dengan 64 skenario yang menyesuaikan dengan kondisi riil yang terjadi di lapangan. Digital Learning Experience ini akan dikembangkan lagi untuk terus dapat mengakomodir kegiatan pengembangan SDM yang lebih efektif dan adaptif dengan kebutuhan perkembangan zaman. 

Artikel ini merupakan cuplikan dari studi kasus PT Petrokimia Gresik. Baca artikel detailnya dengan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *