Spotify Patenkan Fitur Anti-Plagiarisme Musik Berbasis AI

 Bagi para musisi, membuat sebuah lagu bukanlah hal yang begitu mudah. Mulai dari lirik hingga nada lagu yang pas untuk lagu yang dirangkai. Penyusunan nada yang menggunakan not demi not tentu juga memiliki kesulitan tersendiri. Not musik yang tidak begitu banyak membuat berbagai musisi berkemungkinan memiliki lagu yang terdengar mirip dengan lagu yang pernah ada.

Baca Juga: Samsung Patenkan Cincin yang Bisa Digunakan Sebagai Charger

Hal ini membuat beberapa musisi terlibat tuduhan plagiarisme dan harus menghabiskan banyak uang untuk membayar tuntutan yang ditujukan kepadanya. Untuk itu, Spotify mempatenkan sebuah tool untuk mengatasi lagu yang terdengar mirip dan berisiko plagiarisme.

Tool anti-plagiarisme ciptaan Spotify ini bisa digunakan oleh para musisi untuk memeriksa ulang apakah karya yang mereka buat mirip dengan karya orang lain, menurut laporan dari MBW.

Untuk menggunakan fitur ini, musisi bisa mengirimkan lembar musik utama mereka ke dalam sistem dan lembar musik tersebut akan diperiksa silang dengan lembar musik utama lainnya. Fitur ini memberikan kemungkinan untuk mendeteksi adanya kesamaan antara satu lagu dengan lagu lainnya.

Fitur berbasis AI (artificial intelligence) ini juga bisa mengkalkulasikan “nilai kesamaan” antara lagu yang dicari tahu dengan lagu-lagu lainnya yang ada di dalam library lembar musik Spotify. Canggih, ya?

Fitur ini bisa dibilang mirip dengan alat anti-plagiarisme yang digunakan oleh perguruan tinggi untuk mendeteksi apakah karya yang dikerjakan siswanya berupa hasil jiplakan atau tidak, namun dengan versi dunia musik.

Nantinya, fitur ini diharapkan bisa membantu bagi musisi untuk menghindari tuntutan atas karyanya dan membantu mereka yang mungkin tidak memiliki dana saat menghadapi perkara hukuman plagiarisme.

Baca Juga: Intel Kerjasama dengan Amazon Buat Mesin Deep Learning

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai kapan fitur anti-plagiarisme dari Spotify ini bakal diluncurkan. Namun, kemunculan fitur ini bisa jadi akan menggaet banyak musisi yang memilih menggunakan Spotify untuk merilis musik mereka setelah fitur tersebut resmi diluncurkan.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *