Satgas Covid-19: Hanya 9% Kabupaten / Kota yang Patuh Pakai Masker

OPERASI ZEBRA DI GORONTALO

Satgas Penanganan Covid-19 prihatin melihat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pasalnya, semakin sedikit masyarakat yang menjalankan protokol kesehatan.

Data tingkat kedisiplinan protokol kesehatan sejak 18 November 2020 menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan individu dalam memakai masker, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan semakin anjlok. Hal itu terjadi sejak 28 Oktober 2020 hingga 27 November 2020.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito pun menyimpulkan bahwa liburan panjang merupakan momentum pemicu utama penurunan kepatuhan disiplin protokol kesehatan. Adapun persentase kepatuhan untuk memakai masker saat periode itu hanya 58, 32%, dan menjaga jarak sebesar 43, 46%. 

Selanjutnya, data Satgas Covid-19 menunjukkan hanya 9% dari 512 kabupaten/kota di Indonesia yang patuh dalam memakai masker. Lebih memprihatinkan lagi yaitu tingkat kepatuhan menjaga jarak kurang dari 4% di seluruh kabupaten/kota. 

Wiku mengatakan jika masyarakat semakin lengah dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti yang ditunjukkan dalam tiga periode libur panjang, penularan virus corona akan …

Selengkapnya : Satgas Covid-19: Hanya 9% Kabupaten / Kota yang Patuh Pakai Masker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *