Waspada, Ini Tandanya Jika Laptop Terinfeksi Spyware

Spyware termasuk ke dalam kategori peretasan dan merupakan salah satu yang paling berbahaya, karena peretas dapat memata-matai pengguna laptop untuk mencuri informasi atau bahkan merusak sistem pengguna tersebut. Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari hal ini.

Saat sedang asik browsing di internet, menonton YouTube, Netflix, dll tanpa sadar maupun sengaja kita sering menekan tombol iklan. Beberapa iklan yang ada di internet tersebut bisa menjadi portal masuk para peretas untuk mencuri data kamu. Tidak hanya iklan, beberapa situs web juga bisa dijadikan pintu belakang peretas untuk menyusup secara diam-diam di laptop kamu.

Nah, bagaimana sih cara mengenali tanda-tanda laptop kita jika terinfeksi spyware ini ? Berikut adalah tanda-tanda yang paling sering dialami apabila sebuah perangkat terinfeksi spyware :

Baca Juga : Waduh, Ada Malware yang Bisa Ubah DNA Jadi Virus Berbahaya

1. Baterai Jadi Boros

Foto : Elevenia

Ini merupakan hal yang sering dialami jika suatu perangkat terinfeksi spyware. Pengguna akan kebingungan karena baterai laptop mereka cepat habis, walau dipakai untuk pekerjaan ringan dan dalam waktu yang sebentar. Penyebab baterai tersebut cepat habis atau boros ini dapat dikarenakan oleh adanya program spyware yang dijalankan peretas, yang turut menyedot kinerja prosesor laptop.

Tak hanya spyware, baterai laptop yang cepat habis ini juga dapat disebabkan karena ada peretas yang melakukan cryptomining menggunakan prosesor di laptop kamu.

2. Laptop Hobi Lemot

Foto : limabenua

Apabila kamu beli komputer yang relatif baru, dan menyadari tiba-tiba performanya melambat dari seharusnya, ada baiknya kamu waspada. Ini bisa menjadi tanda jika laptop kamu terinfeksi spyware maupun malware. Peretas ini dapat masuk ke dalam perangkat melalui program yang diunduh.

Terkadang, pelaku kejahatan siber sering menyamarkan spyware dan malware dengan dalih software resmi. Jika sudah terunduh, dapat dipastikan program ini bisa menghabiskan semua kemampuan prosesor dan membuat laptop kamu hobi banget lemot. Duh!

3.  Laman Utama Browser Berubah

Foto : Medium

Tanda ini cukup mencuri perhatian bagi para pengguna laptop yang terserang spyware. Tampilan pada browser utama mereka tiba-tiba berubah dan muncul banya iklan yang mengganggu. Hal yang perlu diwaspadai lagi adalah saat kamu membuka browser, tiba-tiba kamu diarahkan untuk membuka sebuah situs yang belum pernah kamu kunjungi. Nah, ini berarti laptop kamu sudah punya indikasi jika terinfeksi spyware.

4. Program Jadi Lemot dan Sering Error

Foto : ugetfix

Peretas spyware tentunya ingin memperoleh sesuatu dari kamu, entah itu dengan mencuri data atau memasukkan kode tertentu ke suatu program, untuk mendapatkan informasi dari pengguna laptop. Kode-kode peretasan tersebut mampu merusak program. Sehingga, program sering sekali lemot, error, atau bahkan crash saat ingin dijalankan.

5. Webcam Tiba-tiba Nyala dan Merekam Tanpa Perintah

Foto : Avira

Ini merupakan tanda yang paling akut jika laptop kamu terserang spyware. Webcam dapat tiba-tiba menyala dan merekam aktivitas yang sedang dilakukan. Para peretas ini rupanya tidak hanya menginginkan data-data pengguna, tetapi juga memata-matainya lewat webcam tersebut. Ada baiknya jika ini terjadi, segera tutup webcam menggunakan stiker atau kertas agar mereka tidak bisa memata-matai kamu.

Baca Juga : Malware Berbahaya Ini Curi Data Lewat 153 Aplikasi Android

Nah, itu dia tanda-tanda jika laptop kamu terinfeksi spyware. Berikut adalah sedikit saran untuk mencegah laptop kamu terkena spyware : 

  • Ganti password secara berkala
  • Hindari menekan/klik pop up iklan yang mencurigakan
  • Hindari situs web yang terindikasi spyware
  • Hanya unduh software asli di situs resmi

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *