Meneropong Dampak Covid-19 pada Perbankan di Masa Depan

perbankan

Pandemi Covid-19 membawa dampak pada berbagai sektor bisnis, termasuk industri jasa keuangan. Dampak negatif memang dirasakan oleh industri ini, termasuk industri perbankan yang membuat kualitas kredit memburuk.

Pemimpin Layanan Keuangan Global PwC Amerika Serikat John P. Garvey dalam risetnya menjelaskan dukungan melalui berbagai stimulus pemerintah dan bank sentral di masing-masing negara kepada masyarakat dan dunia usaha, sejauh ini cukup mampu membatasi kerusakan neraca perbankan.

“Ini bisa mencegah penularan yang pernah terjadi selama krisis keuangan global pada 2008, ” seperti dikutip dari risetnya yang diterima Katadata.co.id, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, industri perbankan tetap terdampak karena memburuknya kualitas kredit nasabah akibat pandemi Covid-19. Dampaknya diprediksi bisa dirasakan di seluruh perekonomian riil selama beberapa tahun mendatang.

“Dalam jangka panjang, dampak ekonomi dari krisis kemungkinan besar masih akan mempengaruhi sektor jasa keuangan di tahun-tahun mendatang, ” kata John.

Dia menilai pandemi telah membuat laju penyaluran kredit perbankan yang positif selama satu dekade terakhir, berhenti. Kualitas kredit yang disalurkan …

Selengkapnya : Meneropong Dampak Covid-19 pada Perbankan di Masa Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *