Apa Itu RCS dan Bagaimana Cara Mengeceknya?

 Sejak beberapa tahun lalu, bahkan sebelum smartphone menjadi perangkat yang lazim digunakan, SMS merupakan salah satu media untuk berkomunikasi.

Dengan perkembangan zaman, SMS kini tak sepopuler dulu dan sudah banyak digantikan dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Line.

Sebuah teknologi bernama Rich Communication Service alias RCS mungkin akan menggantikan SMS dengan banyak fitur yang mirip dengan aplikasi perpesanan instan, seperti tanda pesan telah dibaca, indikator mengetik, pengiriman gambar yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Positif COVID-19, Syafakallah Pak Anies Trending di Twitter

Peluncuran RCS sebenarnya sudah ada sejak lama, namun masih berantakan. Hal ini karena iPhone tidak mendukung RCS karena sudah memiliki iMessage.

Meskipun operator telah menghentikan pengembangan teknologi tersebut, Google tengah bekerja untuk memperbaikinya agar bisa lebih maksimal.

Jadi, untuk bisa menggunakan RCS, kamu perlu menggunakan perangkat Android. Lalu, setel aplikasi Google Messages sebagai aplikasi SMS default. Perlu diketahui bahwa aplikasi teks pihak ketiga tidak bisa memanfaatkan RCS.

Baca juga: eBay Beri Peringatan Kepada Penipu yang Menjual Foto PS5

Untuk melihat apakah perangkat Android milikmu bisa menggunakan RCS, cek lewat aplikasi Google Messages lalu ketuk ikon titik tiga pada sudut kanan atas. Pilih Settings/Pengaturan.

Jika ada pengaturan Chat features atau Fitur obrolan, maka ponselmu memiliki fitur RCS. Google menggunakan istilah Chat untuk menyebut fitur RCS. Jika perangkatmu belum memiliki dukungan RCS, kamu akan melihat pesan pop-up di aplikasi Message tentang bagaimana cara mengaktifkannya.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *