Harga Ayam dan Telur Naik, BPS Catat Inflasi November 0,28%

INFLASI BULAN JUNI

Badan Pusat Statistik mencatat inflasi pada November 2020 mencapai 0, 28% secara bulanan, meningkat dibandingkan Oktober yang hanya mencapai 0, 04%. Kenaikan inflasi terutama disumbang oleh kelompok harga bahan pangan, seperti daging ayam, telur ayam, dan cabai. 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa,  Badan Pusat Statistik Setianto  menjelaskan, inflasi tahun kalender atau sepanjang Januari-November mencapai 1, 23%, sedangkan inflasi tahunan pada bulan lalu tercatat sebesar 1, 59%. Inflasi terjadi pada 83 kota yang disurvei BPS, sedangkan tujuh kota masih mengalami deflasi. 

“Inflasi terutama terjadi karena kenaikan harga bahan makanan dan miniuman dengan andil 0, 22%. Kenaikan terjadi pada harga daging ayam yang memberikan andil inflasi 0, 08%,   telur ayam ras, dan cabai, ” ujar Setianto dalam konferensi pers Pengumuman Inflasi November, Selasa (1/12). 

Setianto menjelaskan, sejumlah bahan pangan juga masih menyumbangkan deflasi, seperti beras dan daging sapi yang memberikan andil deflasi 0, 01%. Selain harga pangan, emas juga memberikan andil …

Selengkapnya : Harga Ayam dan Telur Naik, BPS Catat Inflasi November 0,28%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *