iPhone 12 Dikabarkan Bakal Dijual di Indonesia 18 Desember

 Apple resmi merilis iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max dalam sebuah acara virtual pada 14 Oktober lalu.

Di sejumlah negara, perangkat iPhone 12 dan 12 Pro sudah mulai dijual pada bulan Oktober lalu, sementara iPhone 12 Pro Max dijual pada awal November.

Nah, kapan nih iPhone 12 Series meluncur di Indonesia? Berdasarkan rumor yang beredar baru-baru ini, iPhone terbaru tersebut dikabarkan bakal meluncur di Tanah Air pada bulan depan.

Kabar ini diketahui dari MakeMac, situs lokal yang membahas serba-serbi tentang produk Apple. Beberapa sumber mengatakan kepada tim MakeMac bahwa kemungkinan besar iPhone 12 akan meluncur tanggal 18 di bulan terakhir tahun ini, atau dua minggu lebih lama dibanding rumor sebelumnya, yaitu 4 Desember. 

Baca juga: Pendiri Telegram Prediksi iPhone Bakal Ditinggal Pengguna

Beberapa sumber yang tidak bisa disebutkan namanya mengklaim bahwa keempat iPhone 12 akan meluncur bersamaan di Indonesia.

Meski demikian, rumor ini belum bisa dipastikan kebenarannya lantaran Apple sendiri sebelumnya merilis iPhone 12 dalam dua tahap, yakni iPhone 12 dan 12 Pro lebih dulu (Oktober), serta iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max belakangan (November).

Untuk diketahui, saat ini informasi mengenai iPhone 12 Series sudah bisa dilihat di situs Apple.com berbahasa Indonesia. Namun, situs tersebut masih menampilkan informasi “Cek kembali untuk informasi ketersediaan”. Ini artinya ketersediaan deretan iPhone teranyar ini di Tanah Air masih belum bisa dipastikan.

Sebagai informasi, dari Kemenperin, iPhone 12 (A2399), 12 Mini (A2403), 12 Pro (A2407), dan 12 Pro Max (A2411) telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan nilai 30 persen. Bobot TKDN sebesar paling tidak 30 persen adalah salah satu syarat bagi ponsel 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Sementara dari Kemenkominfo, melalui sistem Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi (Sirani), keempat nomor model iPhone 12 di situs Kemenperin tadi juga sudah mendapatkan izin penggunaan frekuensi radio.

Sertifikat iPhone 12 di sistem Sirani Kominfo. Foto: SC Sirani Kominfo

Baca juga: Kekurangan dan Kelebihan iPhone 12 Mini Dibanding iPhone 12

Apabila mengacu pada runutan waktu sebelum-sebelumnya, iPhone terbaru biasanya dijual di Indonesia dalam kurun waktu dua atau tiga bulan setelah mengantongi sertifikat TKDN.

Contohnya iPhone 11 yang mendapat sertifikat TKDN pada akhir September 2019, kemudian bisa dipesan secara resmi di Indonesia pada awal Desember, tepatnya 6 Desember 2019.

Nah, jika iPhone 12 mendapat sertifikat TKDN pada akhir Oktober 2020 lalu, maka ada kemungkinan jika iPhone 12 bakal dijual resmi di Tanah Air sekitar akhir Desember 2020 (18 Desember tadi) atau bisa juga awal Januari 2021. Mari kita tunggu saja ya Tech Experts!

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *