Google Workspace di iOS Kini Bisa Edit File Microsoft Office

Foto: Google Cloud

Teknologi.id – Google Docs, Sheets, dan Slides yang tersedia di iOS, mulai sekarang dapat menyunting file Microsoft Office. Kemampuan untuk mengedit file Office di aplikasi Google Workspace telah tersedia lebih dulu di Android pada bulan September.

Kini hal itu telah diperluas ke iOS juga. Para pengguna dapat menyunting, mengomentari, dan melakukan kolaborasi pada file Microsoft Office dengan menggunakan aplikasi Google yang disebutkan sebelumnya di iOS.

Dengan adanya perkembangan tersebut, akan memudahkan alur kerja para penggunanya. Pengguna tidak akan diminta untuk menyembunyikan jenis file sepanjang waktu.

Baca juga: Google Perpanjang Dukungan Chrome di Windows 7 Hingga 2022

Mengumumkan fitur tersebut melalui postingan blog, Google mengatakan akan menghadirkan fitur kolaboratif dan bantuan dari Google Workspace ke file Microsoft Office di perangkat iOS. Hal ini akan mengurangi kebutuhan untuk mengunduh dan lampiran file email, serta meningkatkan ‘sharing options‘ dan ‘sharing control’.

Fitur ini tersedia untuk pengguna dengan akun Google pribadi, Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, G Suite Basic, Business, Education, dan Enterprise for Education.

Walaupun ini sudah diluncurkan, tetapi pastikan aplikasi telah diperbarui ke versi terbaru Google Drive untuk menggunakan fitur tersebut. Jenis file Office yang didukung adalah: .doc, .docx, .dot untuk file Word, .xls, .xlsx, .xlt, .xlsm untuk file Excel, dan .ppt, .pptx, .pps, .pot untuk file PowerPoint.

Cara kerja file Office di Google Docs, Sheets, dan Slides

Untuk menambahkan file Office ke Google Drive di iOS, buka aplikasi Google Drive di iPhone atau iPad Anda. Klik pada tanda tambah, lalu klik ‘Unggah’. Setelah itu, temukan file yang ingin Anda unggah dan ketuk di atasnya. Lihat file yang Anda unggah di ‘Drive Saya’ sampai Anda memindahkannya.

Untuk membuka file Office di Google Documment, Spreadsheet, atau Slide, cukup ketuk file Office di aplikasi Produktivitas Google. Untuk mengedit, buka aplikasi Google Docs, Sheets, atau Slides pada perangkat iOS Anda dan klik ‘Open a file’.

Baca juga: Google Bikin Aplikasi yang Bisa Hasilkan Uang dari HP

Ketuk dua kali pada kata yang ingin Anda sunting (atau langsung klik ‘Edit’, di Google Docs). Pindahkan penanda berwarna biru untuk memilih teks yang ingin disunting.

Untuk mengkonversi file Office ke Google Docs, Sheets, atau Slides, buka aplikasi dan klik menu opsi di sebelah file yang ingin Anda konversi. Terakhir, klik ‘Simpan’ atau ‘Save‘ sebagai file Google Docs / Sheets / Slides.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *