Kolaborasi dapat Menyelesaikan Banyak Masalah Pangan

Ketua Komite Tetap Hortikultura Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karen Tambayong

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyelenggarakan perhelatan Jakarta Food Security Summit (JFSS) 2020 pada Rabu (18/11) hingga Kamis (19/11). Temanya mengenai pemulihan ekonomi nasional untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan.

Untuk mewujudkan hal tersebut,  Kadin akan menginisiasi model bisnis bernama inclusive close loop yang menyasar ketahanan pangan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani.  Skema ini melibatkan pemerintah, korporasi, koperasi petani, dan lembaga keuangan untuk bersinergi dalam proses bisnis komoditas pangan dari hulu dan hilir.

Salah satu yang menjadi fokus model inclusive close loop adalah subsektor hortikultura.  Ketua Komite Tetap Hortikultura Kadin Karen Tambayong mengatakan sinergi besat ini akan mampu mencocokkan pola tanam petani dengan kebutuhan pasar.

“Setiap stakeholder itu memberikan pendampingan dan resep bagaimana memberikan yang terbaik untuk petani karena dia punya kepentingan sehingga hasilnya maksimal, ” kata Karen dalam sebuah sesi wawancara dengan Katadata.co.id, Senin (16/11).

<div class="widget-baca-juga …

Selengkapnya : Kolaborasi dapat Menyelesaikan Banyak Masalah Pangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *