Saingi Tiongkok, Jepang dan Australia Akan Sepakati Kerja Sama Militer

CHINA-ANNIVERSARY/HONGKONG-FLAGRAISING

Jepang dan Australia akan menyepakati pakta pertahanan bersejarah untuk mengatasi pengaruh Tiongkok di kawasan Asia. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan PM Australia Scott Morrison akan  menyelesaikan Reciprocal Access Agreement (RAA) atau Perjanjian Akses Timbal Balik.

Morrison akan tiba di Jepang pada Selasa (17/11) membahas RAA yang terkait dengan kerangka hukum saling kunjung pasukan, latihan dan operasi militer bersama. “Akan ada sesuatu untuk diumumkan dari pertemuan itu, ” kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang pada jumpa pers, tanpa menjelaskan lebih lanjut, dikutip dari Reuters (16/11).

Kedua negara membutuhkan waktu enam tahun untuk menegosiasikan dan kemudian meratifikasi di parlemen. Perjanjian ini akan menjadi yang pertama bagi Jepang sejak menandatangani perjanjian status pasukan pada 1960 yang memungkinkan AS untuk menempatkan kapal perang, jet tempur, dan ribuan pasukan di dalam dan sekitar Jepang sebagai bagian dari aliansi militer yang digambarkan oleh Washington sebagai landasan keamanan regional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *