Pertarungan Baru Tiongkok dan Jepang di Tanah Air

Telaah - Jalur Sutra OBOR

Membawa satu rombongan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengunjungi Jepang. Dalam lawatannya pada pekan lalu, Erick didampingi Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Mereka dijamu perwakilan pemerintah dan kalangan bisnis di sana. Dengan target utama meningkatkan kerja sama ekonomi, sejumlah kalangan menilai ini sebagai sinyal kedekatan kedua negara di tengah upaya Tiongkok memperkuat pengaruhnya ke Indonesia.

Kesehatan, perumahan, industri baterai kendaraan listrik, dan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur nasional menjadi topik utama sektor-sektor yang didiskusikan. Erick menjajaki sejumlah perusahaan dan institusi keuangan Jepang untuk berinvestasi di Tanah Air.

Kunjungan Erick ini tak lama setelah Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia pada 20 Oktober lalu. Di Jakarta, Suga menyatakan komitmen Negeri Matahari Terbit itu untuk mempekuat kerja sama dengan Indonesia. Dalam pembangunan infrastruktur, misalnya, ada Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, jalur kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, pembangunan dan pengelolaan pelabuhan Patimban, dan pulau-pulau terluar Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *