Inilah Wujud dan Cara Kerja Lembaga Baru Pengelola Investasi Indonesia

Telaah-Investasi

Indonesia akan memiliki lembaga pengelola investasi atau sovereign wealth fund seperti Singapura dan Malaysia yang akan bernama Nusantara Investment Authority. Lembaga ini akan memiliki modal awal mencapai Rp 75 triliun dan ditargetkan dapat mulai beroperasi pada kuartal pertama 2021.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan PP terkait LPI diharapkan dapat segera diterbitkan. Saat ini, pemerintah telah merampungkan draf RPP tentang LPI yang dapat diakses melalui situs UU Cipta Kerja.

“Namun, secara legal sebenarnya LPI telah terbentuk dengan ditetapkannnya Undang-Undang Cipta Kerja, ” kata Isa kepada Katadata.co.id, Rabu (11/11).

Operasional LPI, menurut dia, akan dilakukan setelah pengurus terpilih. Setelah RPP disahkan, presiden akan membentuk panitia seleksi untuk melengkapi susunan dewan pengawas yang terdiri dari lima orang, termasuk Menteri Keuangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Dewan pengawas kemudian akan memilih dan mengangkat dewan Direktur. “Setelah Dewan Direktur terbentuk, LPI dapat dikatakan telah beroperasi, ” ujar dia.

Dia …

Selengkapnya : Inilah Wujud dan Cara Kerja Lembaga Baru Pengelola Investasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *