Batman vs Iron Man: Perbandingan Teknologi Antar Miliarder

Bruce Wayne dan Tony Stark, atau biasa dikenal sebagai Batman dan Iron Man, merupakan dua karakter pahlawan  fiksi yang cukup populer. Berbeda dengan beberapa pahlawan lainnya, mereka berdua tidak terlahir dengan kekuatan super, atau terkena sesuatu yang membuat mereka termutasi hingga memiliki kekuatan super.

Batman dan Iron Man menjadi pahlawan dengan memanfaatkan bantuan teknologi. Berkat kekayaan yang mereka dapatkan sejak lahir, mereka memiliki teknologi super canggih untuk membantu masyarakat dan melawan penjahat menjadi lebih mudah.

Tentunya bukan hanya uang, kepintaran Batman dan Iron Man juga menjadi faktor penting. IQ mereka yang sangat tinggi, seperti yang dinyatakan dalam komik, membuat keduanya dapat menciptakan teknologi-teknologi canggih serta efektif. Selain itu, keterampilan tempur juga menjadi nilai tambah mereka saat menyelamatkan orang-orang.

Meski begitu, teknologi yang Batman dan Iron Man gunakan tidaklah sama. Mulai dari pakaian mereka, sampai alat-alat yang digunakan keduanya berbeda. Berikut ini adalah daftar perbandingan teknologi antara kedua miliarder tersebut.

Baca juga : Baru! Top Up Game Favoritmu Pakai UniPin Lewat Gamebrott

BATMAN

Batman adalah karakter fiksi yang dibuat oleh komik DC. Dia telah menjadi pelindung Gotham City selama beberapa dekade, CEO dari Wayne Enterprises, kepala keluarga dari “Bat Family”, dan anggota veteran Justice League. Batman adalah pahlawan super yang diciptakan oleh seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger.

Bruce Wayne, yang merupakan orang dibalik topeng Batman, menyaksikan pembunuhan orang tuanya Ketika masih kecil. Hal ini membawanya untuk melatih dirinya menuju kesempurnaan fisik dan intelektual, serta mengenakan kostum bertema kelelawar untuk melawan kejahatan. Batman beroperasi di Batcave, di bawah Wayne Manor dibantu oleh kepala pelayannya, yaitu Alfred Pennyworth.

Kostum Batman terdiri dari Kevlar dan sebagian kecil titanium. Kostum ini antipeluru, tahan api, serta kuat terhadap sebagian besar bentuk serangan (ledakan, jatuh, dll.). Sarung tangan Batman memiliki bilah logam yang bisa ditarik di sisinya. Mantelnya sangat ringan dan bisa digunakan untuk meluncur jarak jauh. Tudungnya sebagian kecil terdiri dari timbal, yang melindungi wajah Batman dari identifikasi melalui sinar-X. Tudungnya juga memiliki inframerah dan sensor pendengaran. Di pinggangnya terdapat sabuk utilitas untuk menyimpan alat-alat.

PHOTO: An awesome Batman '89 photo I hadn't seen before! : DC_Cinematic
Foto: Reddit

Contoh alat-alat yang sering digunakan adalah batarang, batrope, grapple guns, dan rebreather. Batarang merupakan senjata lempar yang dapat digunakan untuk banyak hal. Seperti melumpuhkan, memotong, atau melucuti senjata. Batman juga telah memodifikasi beberapa  batarang untuk memberikan fungsi ofensif dan utilitas tambahan. Seperti dialiri listrik, eksplosif, dipanaskan, atau dikendalikan dari jarak jauh.

Batrope adalah alat yang digunakan oleh Batman untuk memanjat dan berayun dari bangunan. Metode tradisionalnya adalah Batman memasang tali ke salah satu Batarangnya, yang akan berfungsi sebagai pengait setelah dilempar. Sedangkan Grapple Guns adalah pistol berteknologi tinggi yang menembakkan kait bergulat kecil pada kawat monofilamen. Setelah pengaitnya terpasang dengan aman, menekan tombol akan mengaktifkan sistem katrol bermotor kuat yang akan memungkinkan pengguna untuk naik ke atap dengan cepat.

Lalu, ada rebreather. Melalui teknologi “insang buatan”, rebreather memberikan pasokan udara saat pengguna menggigit corong perangkat dengan lembut. Ini memicu kompresor kecil untuk menyaring air dari kedua lengan di samping dan menariknya ke dalam membran. Membran memiliki lubang yang cukup kecil untuk hanya membiarkan molekul oksigen masuk, menyaring air dan cairan lainnya. Tangki oksigen cair berukuran kecil menyediakan sedikit pasokan udara.

Selain alat-alat tersebut, Batman juga memiliki beberapa kendaraan untuk membantunya melawan penjahat. Yang paling sering kita lihat adalah Batmobile. Ada juga mitra sepeda motornya, yaitu Batcycle. Di dunia buku komik, Batcycle adalah sepeda jalanan yang dimodifikasi dengan mesin V-4 berpendingin cairan 786 cc. Ini berisi karburator yang dikendalikan komputer dan pelindung angin antipeluru.

Ada juga Batplane, pesawat pribadi Batman. Dia terkadang bepergian dengan itu sebagai alternatif dari Batmobile. Kendaraan ini juga disebut Batwing. Batboat adalah perahu pribadi Batman. Dengan menggunakan perahu jenis Catamaran, Batboat bisa mencapai kecepatan standar hingga 120mph. Layar kokpit mencakup tautan navigasi dan komunikasi mutakhir. Batboat juga bisa menjadi kapal selam. Sistemnya termasuk pembersih CO2 dan unit pendingin udara di buritan Bat-Submersible. Tangki oksigen menyediakan hingga 6 jam udara bernapas, dengan tangki darurat memungkinkan tambahan 12 jam.

Baca juga : Pemain Fortnite di Konsol Terbaru Tidak Bisa Ikut Turnamen

IRON MAN

Iron Man adalah karakter fiksi yang dibuat oleh komik Marvel. Anthony “Tony” Stark adalah penemu jenius dan industrialis miliarder, yang mengenakan baju zirah teknologi mutakhir untuk menjadi pahlawan super bernama Iron Man. Putra dari produsen senjata Howard Stark, Tony mewarisi perusahaan keluarganya di usia muda setelah kematian orang tuanya. Saat mengawasi pabrik manufaktur di negara asing, Stark diculik oleh teroris lokal. Alih-alih menyerah pada tuntutan penculiknya untuk membuat senjata bagi mereka, Stark menciptakan baju zirah yang kuat untuk dirinya sendiri dan melarikan diri. Kembali ke Amerika, Stark meningkatkan lebih lanjut baju besi buatannya, kemudian menggunakan sumber daya dan kecerdasannya untuk digunakan demi kemajuan dunia sebagai Iron Man.

movies, Iron Man, Tony Stark, Robert Downey Jr., Iron Man 3 Wallpapers HD /  Desktop and Mobile Backgrounds
Foto: Wallup.net

Iron Man memakai setelan pelindung tubuh canggih yang berisi berbagai persenjataan ofensif. Dia memiliki sejumlah model, beberapa di antaranya adalah untuk misi khusus atau prototipe sebagai pengujian, yang lain adalah model lama disimpan untuk nostalgia atau untuk penelitian. Iron Man telah mengembangkan tas kerja khusus untuk membawa baju zirahnya. Beberapa model terlalu besar untuk kasing dan memerlukan modul terpisah. Sebagai kepala multi-miliarder dari sebuah perusahaan global dan penemu tingkat jenius, Tony Stark dapat memperoleh atau mengembangkan teknologi tambahan sesuai kebutuhan.

Tony Stark, my hero. : Rainmeter

Foto: Reddit

Tidak seperti Batman, Iron Man tidak memiliki banyak alat-alat. Karena setelan pelindung tubuhnya sudah mencakupi berbagai hal. Seperti kemampuan untuk terbang. Kemampuan ini juga membuat Iron Man tidak memiliki kendaraan untuk membantunya bepergian seperti Batman. Dan dua senjata intinya adalah repulsor rays sertaunibeam.

Would you rather have a lightsaber or an Iron Man suit? - Album on Imgur
Foto: Imgur

Repulsor rays adalah senjata energi utama armor. Senjata pancaran partikel, perlengkapan standar di sarung tangan telapak tangan, dapat mengusir serangan fisik dan berbasis energi, berjalan sebagai aliran tunggal atau sebagai penyebaran medan luas. Unibeam merupakan lampu sorot yang kuat, mampu memproyeksikan sinar di hampir setiap spektrum cahaya. Juga digunakan sebagai senjata ampuh yang dapat menghancurkan apapun yang dilaluinya.

Baca juga : Pemain Fortnite di Konsol Terbaru Tidak Bisa Ikut Turnamen

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *