Adobe Liquid Mode, Ideal untuk File PDF pada Perangkat Kecil

 Salah satu yang menyusahkan ketika harus membaca file PDF pada perangkat smartphone atau e-reader dengan ukuran layar yang kecil sehingga harus terus menggeser layar dan mengatur tampilan dengan memperbesar dan memperkecilnya.

Adobe Acrobat sebagai salah satu aplikasi paling populer untuk kebutuhan membaca format file PDF mendapatkan fungsi baru untuk perangkat dengan layar yang lebih kecil seperti smartphone.

Adobe meluncurkan fitur baru yang disebut “Liquid Mode”. Mode ini menggunakan mesin AI milik Adobe, Sensei, untuk menganalisis file PDF dan secara otomatis akan menampilkannya dalam bentuk baru yang lebih sesuai untuk perangkat seluler.

Baca juga: Maxine, Teknologi Baru Nvidia dengan Kecerdasan Buatan

Menurut Adobe, Liquid Mode menggunakan AI dan machine learning untuk mengidentifikasi komponen utama pada suatu file PDF, seperti judul, paragraf, gambar, daftar, dan tabel, lalu memformat bagian-bagian statis tersebut ke dalam bentuk yang lebih dinamis berdasarkan hierarki dan urutannya.

Pengguna juga dapat menyesuaikan ukuran font dan spasi antara kata, karakter, dan baris. Ukuran tiap kata-kata dapat diubah, gambar dapat diperbesar dengan mengetuk layar, dan tabel dibuat lebih responsif.

“Memberikan pengalaman digital yang luar biasa adalah misi kami, dan kami telah bekerja untuk melayani pelanggan kami selama lebih dari tiga dekade. Dari pengenalan PDF di awal 1990-an, hingga meluncurkannya sebagai standar terbuka di tahun 2008, sampai debut Liquid Mode hari ini, kami terus menentukan cara dunia bekerja dengan dokumen digital, baik secara pribadi maupun profesional.” tulis Adobe di situs resmi perusahaan.

Baca juga: Indosat-Huawei Bangun Jaringan Transport 5G Berbasis SRv6

Liquid Mode tersedia di aplikasi Adobe Acrobat gratis di iOS, Android, termasuk Chromebook yang kompatibel dengan Google Play Store.

Sayangnya, karena aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, Liquid Mode saat ini terbatas hanya bisa digunakan pada dokumen dengan ukuran di bawah 10MB dan jumlah halaman kurang dari 200.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *