WHO Dorong Negara Lain Belajar IAR Penanganan Covid-19 dari Indonesia

Kemenkes Beri Keterangan Pers Terkait WNI yang Positif Corona

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengadakan diskusi virtual terkait penanganan Covid-19 di tiga negara, yaitu Indonesia, Thailand, dan Afrika Selatan. Secara khusus, pemerintah menjabarkan implementasi intra action review (IAR).

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia telah menerapkan IAR untuk meningkatkan penanganan pandemi corona. Ada sembilan pilar yang digunakan dalam kajian IAR.

Kesembilan pilar  tersebut di antaranya komando dan koordinasi, komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat, surveilans,   investigasi kasus, pengawasan transportasi internasional, penguatan laboratorium, pengendalian infeksi, dan dukungan operasional dan logistik, serta layanan dan sistem kesehatan esensial.

Meski begitu, dia menyebut penerapan IAR tidaklah mudah. Pemerintah awalnya kesulitan menggandeng seluruh pemangku kebijakan dalam membuat rekomendasi IAR terkait pandemi corona.

Namun,   Terawan mengatakan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan koordinasi dari Wakil Dewan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan, seluruh pemangku kepentingan berkomitmen dan berkontribusi dalam pelaksanaan IAR.

“Implementasi IAR dapat membuat kami …

Selengkapnya : WHO Dorong Negara Lain Belajar IAR Penanganan Covid-19 dari Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *