Meraba Peta Perdagangan Dunia Jika Biden Presiden AS

USA-ELECTION/BIDEN

Penghitungan suara pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) masih berlangsung. Sejauh ini, suara elektoral Joe Biden dari partai Demokrat mengungguli Donald Trump dari Partai Republik.

Hingga pukul 19.00 WIB, suara elektoral yang dikumpulkan Biden di atas Trump dengan perolehan 264 berbanding 214. Sedangkan untuk menjadi Presiden, mereka harus mampu mengumpulkan 270 suara elektoral.

Sejumlah pihak pun memberikan gambaran mengenai kebijakan perdagangan Biden serta dampaknya terhadap kondisi global dan Indonesia.

Mengutip dari JP Morgan, proposal kebijakan Biden pada sektor perdagangan ialah meminta sekutu AS untuk menantang Tiongkok pada perdagangan. Kemudian, ia juga mendukung penegakan hukum perdagangan yang telah berlaku serta menuliskan aturan baru yang melindungi pekerja, lingkungan, dan standar ketenagakerjaan.

Sementara itu, Trump telah menarik AS keluar dari pakta perdagangan Trans-Pacific Partnership (TPP). Kemudian, ia juga menegosiasi ulang perdagangan bebas North American Free Trade Agreement (NAFTA), perang pada sektor perdagangan/teknologi/investasi untuk melawan Tiongkok, serta memulai perang dagang dengan Uni Eropa.

Kebijakan perdagangan Biden pun diperkirakan bakal bertolak belakang dengan Trump. …

Selengkapnya : Meraba Peta Perdagangan Dunia Jika Biden Presiden AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *