Teknologi yang Sekarang Hampir Tidak Pernah Digunakan Lagi

Seiring bergantinya zaman, maka teknologi pun ikut digantikan dengan yang lebih baru. Ada yang masih menggunakan, tetapi juga banyak yang sudah meninggalkan teknologi-teknologi tersebut.

Karena hampir semua orang berpindah ke teknologi yang lebih baru, perusahaan-perusahaan pun mau tak mau harus mengikuti arus meng-upgrade teknologinya jika tau mau gulung tikar.

Nah, daftar-daftar berikut adalah beberapa teknologi yang mungkin kalian ketahui dan pernah gunakan, tapi tanpa disadari, teknologi-teknologi tersebut kini sudah sangat jarang kita gunakan bahkan kita lihat, akibat adanya pergeseran teknologi yang lebih baru.

Baca juga : Bukalapak Terima Suntikan Dana Rp 1,46 T dari Microsoft

Daftar Teknologi yang Sekarang Hampir Tidak Pernah Digunakan Lagi

1. Telepon Umum

Sumber: Blogspot

Telepon umum pertama kali dikenalkan kepada publik pada tahun 1981 dengan ciri khasnya warna biru. Hingga saat ini diketahui masih ada di beberapa tempat. Sayangnya, sejak tahun 2010, sudah tidak dapat digunakan karena sudah tidak tersambung lagi.

Telepon umum disebar secara besar-besaran lewat proyek Telekomunikasi Nusantara, yang dibantu oleh Bank Dunia dibagian pendanaan. Dengan banyaknya telepon umum yang terpasang, ada unit khusus untuk mengurusi telepon umum oleh Telkom.

Cara menggunakan telepon umum adalah dengan memasukkan koin, sedangkan penggunaan kartu baru muncul di tahun 1988. Telepon umum masih sangat populer hingga tahun 90-an, namun semakin redup karena sejak saat itu handphone sudah mulai masuk ke Indonesia.

Saat itu hanya orang-orang kaya yang dapat membeli handphone. Sehingga telepon umum dengan biaya yang relatif murah, membuat keberadaannya sangat penting bagi masyarakat untuk berkomunikasi.

Tetapi ketika masuk di tahun 2000-an, harga handphone tidak semahal dulu dan produknya lebih banyak, sehingga banyak masyarakat yang dapat membeli handphone. Walaupun masih ada beberapa yang menggunakan telepon umum, alat tersebut sering dijahili hingga rusak. Seperti menempeli permen karet, sampai mencuri koin. Akibatnya Telkom rugi dan banyak telepon umum yang rusak.

2. Telepon Putar

Sumber: Tokopedia

Saat ini, tidak banyak orang yang memiliki telepon rumah sejak kehadiran handphone. Sekali pun ada, telepon tersebut adalah telepon bertombol, bukan telepon putar. Sejak tahun 1970-an telepon putar mulai digantikan dengan telepon bertombol.

Walaupun sudah hampir tidak pernah melihat orang menggunakan telepon putar sejak tahun 1970-an, hampir seluruh masyarakat di dunia tahu akan model telepon ini. Bisa dilihat melalui film-film berlatar zaman dulu di masa telepon putar masih digunakan mayoritas untuk berkomunikasi.

3. Pager

Sumber: Wikipedia

Pager adalah perangkat telekomunikasi nirkabel yang menerima dan menampilkan pesan alfanumerik atau suara. Pager satu arah hanya dapat menerima pesan, sedangkan pager respons dan pager dua arah juga dapat menerima, membalas, dan membuat pesan menggunakan pemancar internal.

Pager dikembangkan pada 1950-an dan 1960-an, lalu digunakan secara luas pada 1980-an. Masuk di tahun 2000-an, ketersediaan handphone sangat mengurangi industri pager. Tetapi, pager masih digunakan oleh beberapa layanan darurat dan personel keselamatan publik.

Hal ini dilakukan karena cakupan sistem pager modern yang tumpang tindih, dikombinasikan dengan penggunaan komunikasi satelit, dapat membuat sistem paging lebih andal daripada jaringan seluler berbasis terestrial dalam beberapa kasus. Ketahanan ini telah menyebabkan badan keamanan publik menggunakan pager untuk pengiriman pesan penting.

Baca juga : Outlook Business 2021, Potensi dan Investasi di Era New Normal

4. Walkman

Sumber: Esquire Middle East

Walkman adalah merek pemutar media portabel yang diproduksi oleh Sony. Walkman dirilis pada 1979, yaitu alat pemutar kaset portabel yang memungkinkan orang mendengarkan musik pilihan mereka saat bepergian. Popularitasnya menjadikan “walkman” sebagai istilah tidak resmi untuk stereo pribadi dari produsen atau merek mana pun.

Walkman sudah hampir tidak pernah digunakan lagi sejak iPod hadir di tahun 2000-an. Ditambah dengan handphone yang akhirnya menambahkan fitur untuk mendengarkan lagu, maka konsumen teknologi ini semakin menipis. Akhirnya pada tahun 2010, produksi Walkman dihentikan.

5. VCR

Sumber: Forbes

VCR (Videocassette Recorder) adalah perangkat elektromekanis yang merekam audio dan video analog dari siaran televisi atau sumber lain pada kaset video pita magnetik yang dapat dilepas dan dapat memutar ulang hasil rekamannya. Pada 1980-an dan 1990-an, rekaman video yang direkam sebelumnya tersedia secara luas untuk dibeli dan disewa, dan kaset kosong dijual untuk membuat rekaman.

VCR sudah hampir tidak pernah digunakan lagi sejak internet mulai menyebar luas. Karena acara di tv yang ingin kita tonton, dengan menggunakan internet dapat dicari dengan cepat dan lebih mudah. Selain itu juga tidak mengeluarkan uang lebih banyak, karena dengan VCR kita harus membeli kaset kosong untuk merekam.

Baca juga : Bagaimana Memilih Domain Yang Baik? Catat 8 Tips Ini..

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *