"Stablecoin Alliance" Mempercepat Adopsi Stablecoin Global

Foto: Enterprise next

Menanggapi pasar stablecoin yang terus berkembang, penerbit Stablecoin Rupiah Token, BiLira, BRZ, EURS, dan Stablecorp berkolaborasi serta mengumumkan pembentukan dan peluncuran resmi Stablecoin Alliance (SA). SA merupakan organisasi internasional nirlaba yang terdiri dari perusahaan penerbit stablecoin yang tidak terikat dari bursa atau platform perdagangan besar. Misi utamanya adalah untuk mempercepat adopsi dan penggunaan stablecoin di dunia dengan mengadvokasikan standar keamanan dan kepatuhan yang tertinggi.

Organisasi ini bersifat global dan menjangkau keanggotaan lintas benua serta berbagai pusat perdagangan dan aset digital dunia. Organisasi nirlaba ini beranggotakan perusahaan-perusahaan penerbit stablecoin yang berasal dari berbagai belahan dunia seperti Indonesia (Rupiah Token), Eropa (EURS), Turki (BiLira), Brazil (BRZ Token), Kanada (Stablecorp).

Setelah melalui proses diskusi independen sepanjang 2020, para anggota menyadari bahwa mereka memiliki tujuan pengembangan yang sama dalam menjalankan upaya ekspansi. Masing – masing perusahaan anggota memahami bahwa untuk dapat mendorong narasi seputar kemajuan dan eksistensi stablecoin di ranah global, diperlukan adanya penekanan kuat pada kepatuhan dan praktik terbaik untuk membentuk dan menjaga kenyamanan dan kepastian terhadap pengguna.

Baca juga: DFX Indonesia Luncurkan Sistem Monitoring Bursa Aset Crypto

Untuk melancarkan tujuan ini, para pihak menekankan perlunya penguatan pada protokol dan praktik stablecoin yang terbaik. Hal tersebut guna membantu menciptakan dan mempertahankan rasa aman untuk para pengguna. Selain itu, SA ingin mengeksplorasi pembuatan dan pemeliharaan jalur valuta asing di atas blockchain dan trading pairs yang tersedia di antara stablecoin anggota, mengembangkan dan menyempurnakan narasi seputar proses listing stablecoin di bursa global, dan merekomendasikan promosi untuk proyek-proyek Stablecoin yang independen.

Anggota Stablecoin Alliance sangat percaya bahwa seiring dengan berkembangnya ekosistem aset digital, membangun jalur fiat ke stablecoin (on-ramp) lokal yang tepat untuk bertindak sebagai jalur valuta asing di atas blockchain sangat penting untuk mendukung  adopsi secara massal.

Secara global, stablecoin telah menunjukan performa yang baik pada tahun 2020 dengan total pasokan koin yang beredar meningkat sebesar 400% yaitu lebih dari $ 5 Miliar dibanding awal tahun. Total pasokan stablecoin di kuartal ketiga hampir dua kali lipat dari kuartal kedua, dan total kapitalisasi pasar stablecoin juga telah menembus $ 20 miliar pada saat artikel ini ditulis.

Dalam perkembangan yang terkait lainnya, Securities and Exchange Commision (SEC) dan Office of the Comptroller of the Currency (OCC) mengeluarkan panduan tentang stablecoin yang didukung fiat. Banyak negara dunia terkemuka, termasuk AS, China, Jepang, Kanada, dan UE, telah menyatakan minatnya yang besar dalam menerbitkan mata uang digital di bank sentral mereka sendiri. 

Tentang Stablecoin

Stablecoin merupakan suatu vertikal aset digital yang berkembang secara pesat belakangan ini. Stablecoin fiat adalah aset digital yang memiliki sifat seperti mata uang FIAT dalam artian terlindungi dari volatilitas pasar crypto. Stablecoin telah menjadi bagian infrastruktur yang penting dalam ekosistem aset digital. Mereka memberikan efisiensi dan efektivitas yang hanya dimiliki oleh digital aset  seperti penyelesaian transaksi online, kemudahan pelacakan, tidak dapat diubah / kekal, dan, biaya transaksi yang sangat rendah.

Stablecoin kian menjadi aset yang semakin populer karena kemampuannya mengatasi ketidaksempurnaan pada mata uang fiat dan kelemahan dari sistem transaksi yang ada saat ini. Jenis cryptocurrency ini dirancang untuk melindungi nilai dari volatilitas pasar crypto. Solusi semacam itu dapat didukung oleh aset yang relatif stabil seperti komoditas, uang kertas, atau mata uang crypto lainnya.

Bilira

BiLira adalah cryptocurrency stabil yang didukung oleh Lira Turki. Ini berarti Anda selalu dapat membeli dan menukarkan 1 BiLira dengan ₺1.00 Lira Turki.

BRZ

Token BRZ adalah stablecoin Brasil yang beredar yang memungkinkan masyarakat Brasil mengakses langsung berbagai pasangan aset di bursa dan untuk memperdagangkan mata uang stabil yang dipatok ke real (BRL) dalam skala global.

EURS

EURS adalah aset digital terbesar yang didukung euro, menggabungkan manfaat mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia dengan transparansi, permanen, dan efisiensi blockchain.

Stablecorp

Stablecorp adalah perusahaan di balik penerbitan dan pengelolaan QCAD, stablecoin CAD pasar massal pertama.

Rupiah Token

Rupiah Token (IDRT) memungkinkan Anda untuk menggunakan Rupiah Indonesia langsung di atas Ethereum & Binance Chain. Rupiah token merupakan token yang memiliki nilai 1:1 dengan Rupiah yang dapat diperdagangkan di bursa global dan lokal seperti Aplikasi Pintu. 

Pelajari lebih lanjut tentang Stablecoin Alliance di https://stablecoinalliance.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *