Google Drive Beri Opsi Langsung Edit File di Update Terbaru

 Google Drive merupakan aplikasi berbasis web yang dapat membuka dokumen dari Microsoft Office, mulai dari Word, Excel, hingga PowerPoint. Google Drive pun banyak digunakan secara luas karena kemudahan dalam pengoperasiannya serta tidak perlu memasang aplikasi pada perangkat terlebih dahulu untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga: Inilah Smartphone Perdana Yahoo, Harganya Terjangkau

Baru-baru ini, Google mengumumkan sebuah pembaruan yang menyenangkan untuk pengguna Google Drive. Kini, layanan Google Drive tersebut sudah bisa digunakan oleh pengguna untuk membuka file dengan pilihan mode edit.

Sebelumnya, pengguna yang membuka dokumen seperti Word dan Spreadsheet tidak bisa secara langsung terbuka dengan fitur Google Docs atau Google Sheets. File tersebut biasanya akan melalui preview terlebih dahulu sebelum pengguna memilih untuk membuka file dengan Google Docs atau Google Sheets.

Dengan pembaruan tersebut, pengguna cukup mengklik dua kali file Office dan secara langsung pengguna bisa menyunting isi file. Praktis bukan?

Pengguna juga masih bisa memilih untuk membuka file dengan mode Preview dengan mengklik kanan file tersebut. Mode Preview juga bisa digunakan dengan mengklik file satu kali dan menekan tombol P pada keyboard.

“Perubahan ini mempercepat membuka dan mulai mengedit dokumen. Pengguna dapat langsung mengedit, berkomentar, dan berkolaborasi pada file Office menggunakan antarmuka Google Doc, Spreadsheet, dan Slide yang sudah tidak asing lagi dengan perubahan otomatis disimpan ke file dalam format Office yang sudah ada,” jelas pihak Google, dikutip dari Ubergizmo pada Senin (2/11).

Fitur terbaru Google Drive ini akan berlaku untuk file dengan format docx, .doc, .ppt, .pptx, .xls, .xlsx, .xlsm, berdasarkan penjelasan pihak Google. Namun, pembaruan dengan opsi langsung edit ini tidak bisa berjalan pada dua kondisi; dokumen yang dilindungi dengan kata sandi, dan terpasangnya ekstensi Chrome “Office Editing for Docs, Sheets & Slides”.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Earphone Bluetooth, Biar Nggak Salah Beli

Opsi langsung edit pada Google Drive ini sudah mulai digulirkan oleh Google dan mungkin akan memakan waktu hingga beberapa minggu untuk akhirnya dapat digunakan secara luas.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *