Film-film Horor yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Foto: Wicked Horror

Teknologi.id  Kebanyakan film saat ini dibuat berdasarkan imajinasi, sehingga plot, latar belakang, dan karakter-karakter di dalam cerita tersebut adalah fiktif.

Tapi tidak semua film itu datang dari khayalan sang penulis, lho. Ada juga beberapa film yang terinspirasi dari kejadian nyata. Kadang nama dan beberapa hal diubah ketika menulis naskah, tapi ada juga yang tidak mengubah apapun.

Salah satu genre film yang kerap mengangkat kisah nyata adalah film bergenre horor. Terbayang bagaimana ngerinya film horor tersebut jika ceritanya berdasarkan kisah nyata, pastinya membuat para penonton penasaran kenapa bisa sampai ada kejadian seperti itu di dunia nyata.

Nah, sebagai referensi bagi kalian yang tengah mencari-cari referensi film horor, berikut Teknologi.id rangkum beberapa rekomendasi film horor yang terinspirasi dari kisah nyata.

Baca juga : Film-film Thriller Psikologis yang Menegangkan

1. The Hills Have Eyes (2006)

“The Hills Have Eyes” adalah remake dari film dengan judul yang sama pada tahun 1977. Versi 2006 ini disutradarai oleh Alexandre Aja, naskahnya ditulis oleh dia dan juga bersama Grégory Levasseur.

Film ini menceritakan suatu keluarga yang menjadi sasaran sekelompok mutan kanibal setelah mobil mereka rusak di gurun.

“The Hills Have Eyes” berdasarkan kisah nyata dari Sawney Bean, seorang kepala klan liar di Skotlandia yang membunuh dan memakan orang selama Abad Pertengahan. Jalan di dekat tempat tinggal mereka diyakini berhantu karena orang-orang terus menghilang saat berjalan di sekitar area tersebut.

Berikut adalah trailer resmi “The Hills Have Eyes”.


2. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

“The Texas Chain Saw Massacre” disutradarai Tobe Hooper, yang juga menulis naskah dan memproduksinya bersama Kim Henkel.

Film ini menceritakan sekelompok teman yang menjadi korban keluarga kanibal saat dalam perjalanan mengunjungi sebuah wisma tua.

“The Texas Chain Saw Massacre” diklaim berdasarkan peristiwa nyata, karakter Leatherface dan beberapa detail kecil terinspirasi oleh kejahatan pembunuh bernama Ed Gein.

Film ini dilanjutkan dengan tujuh film, sehingga terbentuk franchise “The Texas Chainsaw Massacre”. Berikut adalah trailer resmi “The Texas Chain Saw Massacre”.


3. The Amityville Horror (1979)

“The Amityville Horror” disutradarai oleh Stuart Rosenberg dan naskahnya ditulis oleh Sandor Stern. Film ini berdasarkan pada buku Jay Anson di tahun 1977 dengan nama yang sama.

Film ini menceritakan pasangan muda bernama George Lutz dan Kathy Lutz, membeli rumah yang dihantui oleh kekuatan supranatural yang agresif.

Cerita ini berdasarkan pada pengalaman asli keluarga Lutz yang membeli rumah baru di Amityville, New York, di mana pembunuhan massal telah dilakukan setahun sebelumnya. Pembunuhan tersebut dilakukan oleh Ronald DeFeo Jr. menembak dan membunuh ayah, ibu, dan empat saudara kandungnya saat mereka tidur.

Film ini dilanjutkan dengan sebelas film, sehingga terbentuk franchise “The Amityville Horror”.

Berikut adalah trailer resmi “The Amityville Horror”.


Baca juga : Server Berkonsep Pay As You Grow Menarik Startup Indonesia

4. The Mothman Prophecies (2002)

“The Mothman Prophecies” disutradarai oleh Mark Pellington dan naskahnya ditulis oleh Richard Hatem. Film ini berdasarkan buku dengan nama yang sama pada tahun 1975 oleh parapsikolog dan penulis Fortean bernama John Keel. Parapsikologi adalah studi tentang dugaan fenomena seperti telepati, dan klaim paranormal lainnya, misalnya terkait dengan pengalaman penampakan.

“The Mothman Prophecies” menceritakan John Klein, seorang reporter peneliti legenda Mothman, yang masih terguncang oleh kematian istrinya dua tahun sebelumnya dalam sebuah kecelakaan misterius.

John Klein kemudian dikirim untuk meliput sebuah berita dan akhirnya tiba-tiba menemukan dirinya di Point Pleasant, Virginia Barat, di mana telah ada penampakan makhluk yang tidak biasa dan fenomena lain yang tidak dapat dijelaskan.

Ketika dia semakin tertarik pada kekuatan misterius di tempat kerjanya, dia berharap mereka dapat menghubungkannya kembali dengan istrinya, sementara sheriff setempat menjadi khawatir tentang obsesinya.

Film tersebut diklaim berdasarkan peristiwa nyata yang terjadi antara November 1966 dan Desember 1967 di Point Pleasant, seperti yang dijelaskan oleh John Keel.

Berikut adalah trailer resmi “The Mothman Prophecies”.


5. The Conjuring (2013)

Tentunya daftar ini tidak akan lengkap tanpa film yang disutradarai oleh James Wan ini. Film perdana dalam franchise “Conjuring Universe” ini menceritakan kisah pasangan penyelidik paranormal dan ahli demonologi, yaitu Ed dan Lorraine Warren.

Di tahun 1971, mereka dipanggil ke rumah Roger dan Carolyn Perron. Pasangan Perron bersama lima putri mereka baru pindah ke rumah pertanian terpencil, di mana terjadi berbagai kejadian supernatural.

Meskipun awalnya tidak berbahaya, tetapi peristiwa-peristiwa yang terjadi semakin mengerikan, terutama setelah pasangan Warrens menemukan sejarah mengerikan tentang rumah tersebut.

Banyak yang menyebut film ini tampak terlalu didramatisasi dan mustahil untuk dipercaya, tetapi keluarga Warren mengatakan bahwa semua peristiwa yang digambarkan benar-benar terjadi.

Meskipun Ed meninggal pada tahun 2006, Lorraine adalah konsultan di film tersebut dan mengklaim bahwa dia tidak mengizinkan sutradara untuk membuatnya terlalu dramatis.

Berikut adalah trailer resmi “The Conjuring”.


Baca juga : Google Meet Rilis Fitur untuk Ubah Background Video Call

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *