Disiplin Wisatawan Terapkan Protokol Kesehatan Masih Rendah

WISATAWAN PADATI MALIOBORO

Liburan hari raya Maulid Nabi yang diikuti dengan cuti bersama mendorong masyarakat untuk berwisata di tengah pandemi. Pakar Satgas Covid-19 bidang perubahan perilaku, Turro Wongkaren menjelaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menyebabkan kejenuhan selama pandemi berdampak pada kondisi psikologis masyarakat.

“Munculnya cabin fever selama masa karantina di tengah pandemi juga turut mendorong masyarakat untuk akhirnya pergi ke luar rumah dan berwisata, ” ujar Turro dalam siaran youtube BNPB berjudul Masyarakat Abai Protokol Kesehatan, Liburan Jadi Bencana, Sabtu (31/10).

Namun, sayangnya, selama liburan longweekend kali ini, masih minim kesadaran wisatawan dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal itu, diungkapkan oleh Koordinator Lapangan Tamansari Yogyakarta, Ridwan Syam. Ia memaparkan bahwa masih ada beberapa orang yang tidak bermasker atau ditenteng maupun disimpan di dalam saku. Para wisatawan harus selalu diingatkan untuk memakai masker.

“Kami lebih memilih petugas untuk mengingatkan wisatawan mengenai protokol kesehatan, sebab peraturan yang sudah dipasang terkadang tidak dipatuhi, ” ujar Ridwan kepada Kompas, Jumat …

Selengkapnya : Disiplin Wisatawan Terapkan Protokol Kesehatan Masih Rendah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *