30% Negara Muslim Miskin, BI Dorong Wakaf Lintas Negara

ANGKA KEMISKINAN INDONESIA TERDAMPAK COVID-19

Bank Indonesia mendorong inisiatif program wakaf lintas negara Islam. Berdasarkan data Bank Dunia hingga pertengahan Juni 2020, 30% negara muslim masuk kategori berpendapatan rendah atau miskin. 

Sementara itu, 29 persen adalah negara Islam juga masuk dalam kelompok berpendapatan menengah ke bawah. Hanya 29 persen negara yang masuk dalam kelompok menengah ke atas dan 13 persen negara penghasilan tinggi. Adapun Indonesia sejak pertengahan tahun ini telah masukd alam kelompok negara berpendapatan menengah atas dengan pendapatan kapita  antara US$ 4.046 hingga US$ 12.535 per tahun.

“Mencermati kondisi ekonomi beragam di antara negara Islam, dibolehkan dan direkomendasikan muslim saling membantu lintas negara, salah satu perbuatan amal bagi muslim adalah wakaf, ” kata Deputi Gubernur BI Doni P Joewono dalam webinar internasional terkait wakaf di Jakarta, Jumat.

Meski begitu, menurut Doni, masih ada pandangan berbeda terkait aturan dan implementasi wakaf yang bisa berbeda lintas negara dan yurisdiksi. Adapun saat ini, sudah dibuat Prinsip Inti Wakaf (WCP) …

Selengkapnya : 30% Negara Muslim Miskin, BI Dorong Wakaf Lintas Negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *