Cara Belajar Bahasa Inggris Pakai Google Translate

 Kemampuan menggunakan Bahasa Inggris saat ini seakan menjadi kebutuhan utama dalam segala segi kehidupan. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, dan bahkan kehidupan sehari-hari pun tak lepas dari penggunaan Bahasa Inggris.

Atas dasar itulah, saat ini semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dan berkeinginan kuat untuk belajar Bahasa Inggris.

Nah, belajar Bahasa Inggris pun sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, tak melulu terpaku dengan pelajaran di dalam kelas saja. Kalian bisa belajar Bahasa Inggris dengan menonton film luar negeri, membaca koran dan majalah berbahasa Inggris, bahkan bermain game pun juga bermanfaat untuk memperkaya kosakata Bahasa Inggris kalian.

Selain itu, ada cara lain yang mungkin belum banyak diketahui orang untuk belajar Bahasa Inggris, yaitu memanfaatkan Google Translate. Ya, Google Translate memiliki fitur-fitur canggih yang berguna tak hanya sekedar untuk menerjemahkan kata-kata, tapi juga bisa digunakan untuk belajar Bahasa Inggris.

Bagaimana caranya? Berikut ini cara belajar Bahasa Inggris pakai Google Translate agar kemampuan kalian semakin meningkat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Game Android

Cara Belajar Bahasa Inggris Pakai Google Translate

1. Gunakan fitur conversation

Google translate app now has conversation capability - Learning Chinese -  Forumosa

Berada di luar negeri dan bertemu dengan banyak individu baru bisa menjadi hambatan tersendiri. Kalian bisa saja menggunakan kamus untuk menerjemahkan hal-hal yang tertulis, namun tentunya untuk kalimat percakapan akan sangat lama jika harus membolak-balikan kamus setiap mereka berbicara. Nah, untungnya Google Translate memiliki fitur bernama conversation yang bisa melakukan penerjemahan secara langsung dalam dua arah. Selain bisa memahami apa yang mereka katakan, kita juga bisa belajar mengenai percakapan Bahasa Inggris dengan fitur ini, begini cara menggunakannya:

– Bukalah Google translate di di smartphone kalian.

– Tekan Conversation.

– Tekan fitur auto dan langsung berbicara saja maka otomatis kata yang kalian ucapkan akan langsung di translate.

2. Manfaatkan kamera penerjemah

Truques incríveis do Google Tradutor que você precisa conhecer

Jika kalian sedang berada di luar negeri yang biasa didatangi banyak turis, tentu akan ada banyak marka jalan dan penunjuk jalan yang menggunakan Bahasa Inggris. Google Translate akan membantu kalian membaca papan nama tersebut dengan hanya perlu mengarahkan kamera kalian saja dan otomatis Google Translate akan menerjemahkannya secara Real Time!

– Buka Google translate seperti biasa.

– Pilih kamera.

– Terdapat 3 opsi pilih yang “Instant” dibagian kiri.

3. Memindai dan menerjemahkan tulisan

Do You Have To Speak German To Live In Frankfurt, Germany?

Membaca buku atau pun koran dalam Bahasa Inggris bisa menjadi tantangan tersendiri. Berbeda dengan marka jalan atau nama restoran yang tersebar di pinggir jalan, buku atau pun koran merupakan bacaan berbentuk literatur yang terisi dari banyak sekali kalimat. Sehingga kalian perlu waktu yang tak sedikit untuk memahami maksud bacaan tersebut.

Nah, dalam Google Translate, kalian akan mengenal fitur bernama scan yang bisa memindai satu buku tertentu untuk kalian baca tanpa perlu selalu mengaktifkan kamera kalian. Hal ini juga bisa secara langsung merubah terjemahan menjadi hasil ketik yang akan sangat membantu, begini cara menggunakannya:

– Buka google translate seperti biasa.

– Pilih kamera

– Arahkan kamera dan pilih opsi scan> Highlight yang ingin di translate> maka foto tersebut akan terkonversi menjadi suatu tulisan.

4. Menyimpan kosakata penting

Learn Practice | Dutch Vocabulary and Grammar Exercises

Salah satu tips paling penting dalam belajar Bahasa Inggris yang wajib kalian pahami ialah menghafal kalimat atau pun kata-kata yang sulit secara rutin. Karena kunci dari belajar suatu bahasa ialah terbiasa, Google Translate sendiri memberikan fitur bagi kalian untuk menyimpan kosakata atau pun kalimat favorit kalian ke dalam perangkat masing-masing, begini caranya:

– Buka Google Translate seperti biasa.

– Ketik kalimat atau kata yang ingin kalian artikan.

– Hasil translate tandai dengan bintang .

– Lalu buka phrase book di pojok kiri atas untuk melihat koleksi bahasa kalian

Baca juga: Cara Melihat Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan

5. Melatih pengucapan

How to Get Google Translate to Speak: 6 Steps (with Pictures)

Ada salah satu fitur yang jarang dipakai oleh para pelajar Bahasa Inggris atau pun pengguna Google Translate, ya fitur Voice. Fitur voice pada Google Translate ini bermanfaat untuk bisa menunjukan bagaimana pengucapan Bahasa Inggris yang benar, cara menggunakannya pun cukup mudah:

– Buka Google Translate seperti biasa.

– Ketik kata-kata yang ingin kalian terjemahkan.

– Lalu pada hasil terjemahan tekan logo speaker untuk mendengar pengucapan dari native speaker.

6. Penerjemah offline

Google Terjemahan for Android - APK Download

Tak semua orang yang ingin belajar atau pun membutuhkan penerjemahan bahasa memiliki internet yang unlimited, dan Google Translate di sisi lain cukup membantu kita untuk mengatasi keterbatasan ini. 

Hanya dengan mendownload paket bahasa sebesar beberapa puluh MB saja, kita sudah tak memerlukan internet untuk menerjemahkan bahasa menggunakan Google Translate. Bermanfaat sekali bukan?

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *