Seni Mural Di Kampung KB Di Kota Bekasi Berikan Warna Tersendiri

KOTA BEKASI, (Harnasnews.com) – Kampung Keluarga Berencana (KB) yang berada di RW 10 Kelurahan Kota Baru dan Bintara Jaya memberikan nuansa berbeda. Berbagai mural tiga dimensi dijumpai di tempat ini dan menjadikannya hidup serta berbeda dengan wilayah lain.

“Tujuan mural 3D ini adalah sebagai gambar edukasi yang tersirat maksud dan tujuan tentang informasi yang berhubungan dengan 8 fungsi keluarga,” kata Ketua RW 10 Kelurahan Kota Baru Ahmad Sofyan S saat di konfirmasi melalui aplikasi WA pada Minggu (30/08).

Warganya bahu membahu dengan sukarela memberikan kontribusinya kepada lingkungan dengan pesan melalui Mural tentang Keluarga Berencana. Dibawah binaan Kepala UPTD PP Kecamatan Bekasi Barat Hj. Sukarmi SPD MM.Pd sebagai pembina lapangan di bawah Dinas PPKB Kota Bekasi yang dikepalai DR. Marisi SPd MMPd, kampung KB tersebut memberikan kesan berbeda di tengah masyarakat. Peran serta Lurah Kota Baru Ani Yuningsih sebagai pembina kampung dan Ketua kampung KB Husen juga memberikan kontribusi tersendiri.

“Semua warga, mereka tidak bayar, justru mereka tergerak sendiri untuk menghias kampung dan lingkungannya dan di dominasi katarang taruna dalam menggambar dibantu bapak-bapak dan ibu warga RT masing-masing,” tambahnya.

Kekompakan warganya tersebut menjadikan RW 10 menjadi ramai dengan berbagai warna ketika memasuki kawasan tersebut. Mural yang disajikan pun merupakan pesan moral terkait dengan Keluarga Berencana (KB).

“Harapan ke depannya dengan adanya kampung KB dengan muralnya akan timbul rasa memiliki, menyayangi dan merawat lingkungan serta menjadikan bahwa keluarga yang baik dalam sebuah lingkungan,” tandasnya.

“Ini juga dilakukan secara mandiri dengan melibatkan warga secara swadaya,” pungkas Mursidi.

Senada dengan Ketua RW, ketua Kampung KB Kenangan RW 10 juga menuturkan hal yang sama. Lomba mural juga diadakan pada HUT RI ke-75 di wilayah tersebut.

“Di samping untuk edukasi warga rw.10, dalam Mural kami juga selaku pengurus kampung KB Kenanga RW 10 dalam rangka HUT RI ke 75 Tahun di suasana pandemi Covid 19 kami juga adakan lomba mural antar RT yang berada di wilayah RW 010 dan juri yang kami siapkan adalah netral dari unsur kecamatan, kelurahan serta BKM dan LPM kel. Kotabaru” kata Husein.

Lomba Mural Kp. KB Kenanga 10 Kotabaru dengan kriteria yaitu, Sosialisasi 8 fungsi Kp.KB, Sosialisasi STANTING, Sosialisasi UPPKS dan Sosialisasi PIK-R ( Pusat Informasi Keluarga Remaja ).

Ada 8 fungsi Keluarga Kampung KB meliputi fungsi, Agama, Pendidikan, Kesehatan(Reproduksi), Ekonomi, Sosial dan Budaya, Kasih Sayang, Perlindungan serta Pembinaan Lingkungan. Hal tersebut akan dipertahankan kampung KB untuk terus memberikan edukasi kepada warga masyarakat.

Selain pemandangan serupa juga terlihat di kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat. Mural dengan berbagai gambar dengan corak dan warna menghiasi setiap sudut RW 08.

Menurut ketua Kampung KB Kenanga RW 08 kelurahan Bintara Jaya Mursidi mengatakan bahwa kegiatan mural tersebut murni atas kreatifitas warganya.

“Tujuan mural ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mengenal tentang KB demi menjaga ketahanan keluarga, sarana gambar atau media menggambar sendiri dilakukan pada dinding atau tembok warga berada di gang atau jalan,” kata Mursidi.

Kampung KB Kenanga RW 10 Kelurahan Kota Baru dan Kampung KB Kenanga RW 08 Bintara Jaya diharapkan menjadi motor penggerak bagi wilayah lain untuk melakukan hal serupa bagi lingkungannya. Selain sedap dipandang mata, hal tersebut juga akan meningkatkan kecintaan seni bagi warga masyarakat di lingkungannya.

Semua berperan dalam kegiatan mural di kampung KB di dua kelurahan tersebut. Baik dari pengurus RT hingga warga bahu membahu menciptakan karya seni di lingkungannya (Mam)

The post Seni Mural Di Kampung KB Di Kota Bekasi Berikan Warna Tersendiri appeared first on Harnasnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *