KPH Ropang Ajak Masyarakat Lestarikan Hutan

SUMBAWA,Harnasnews.com –  Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Ropang mengajak masyarakat untuk melestarikan hutan. Menurut KPH Ropang Muhammad Hazairin, S. Hut kepada wartawan mengatakan bahwa penting kita untuk mengelola hutan.

“Yang kita inginkan itu adalah bagaimana hutan lestari. Masyarakatnya di sekitar hutan sejahterah,”ungkapnya kepada wartawan media ini 4/11/2019)

Lanjut Iyen sapaan akrab KPH Ropang, ada beberapa program yang selalu melibatkan masyarakat. Misalnya penanaman / penghijauan hutan, pelaksanaan pembuatan gully plug semua itu yang melaksanakan adalah masyarakat di sekitar hutan.

” Kita bisa bayangkan dengan kondisi panas seperti ini apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat di sekitar hutan. Dan kita masih bersyukur dengan adanya kegiatan seperti ini bisa membuka lapangan kerja. Namun akan tetapi dengan adanya program tersebut masyarakat bisa berkerja, “tandasnya.

Tambah Iyen, maka dari itu saya mengajak untuk menjaga dan melestarikan hutan. Karena jika hutan kita lestari tentu masyarakat di sekitar hutan akan merasa nyaman. Dan juga bendungan mama bagus dan sedimentasinya juga akan berkurang dengan adanya program dari KPH.

“Tahun 2018 lalu sebanyak tiga unit dam penahan dan sembilan gully plug sedangkan pada tahun 2019 yang bersumber dari BpDASH dodokan Moyosari mataram dam penahan sebanyak 12 unit Dam penahan dan 30 unit Gully plug,”terangnya.

Sambung Iyen, kegiatan RHL sipil teknis ini dihajatkan untuk mengurangi laju pendangkalan Dam mama sehingga mampu menyuplai air untuk wilayah hilir waduk mama.

“Kalau diasumsikan 1 unit dam penahan bisa menampung sedimen 5 meter kubik. Maka, sedimen yang tertampung dan tidak masuk ke waduk mama sebanyak 75 meter kubik dan kalau 1 gp bisa menampung 3 meter kubik maka 120 meter kubik sedimen berhasil dihadang masuk kedalam dam mama.

Masih menurut Iyen, upaya itu dilakukan sebagai bentuk komitmen perbaikan kualitas lingkungan terkhusus masalah konservasi tanah dan air, “katanya (Herman)

The post KPH Ropang Ajak Masyarakat Lestarikan Hutan appeared first on Harnasnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *